Breaking News:

Corona di Indonesia

Gelombang Ketiga Pandemi Covid-19 di Indonesia Diprediksi Terjadi Desember 2021

uru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, beberapa negara di dunia saat ini tengah mengalami gelombang ketiga pandemi.

Editor: DionDBPutra
Humas BNPB
Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Indonesia telah melalui gelombang kedua lonjakan kasus Covid-19 yang menyentuh puncaknya pada 15 Juli lalu.

Kini kasus Covid-19 di Indonesia terus menurun. Satgas Penanganan Covid-19 bahkan mencatat dalam sepekan terakhir kasus aktif secara nasional mencapai angka terendah selama pandemi, yakni hanya 1 persen dari total kasus.

Walau telah keluar dari lonjakan kasus Covid-19, Satgas Penanganan Covid-19 mengingatkan masyarakat agar jangan terlena dan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Pasalnya, ancaman gelombang ketiga pandemi Covid-19 masih mungkin terjadi.

Baca juga: Sapa IKAPPI, Menko Airlangga: Vaksinasi & Digitalisasi Jadi Kunci Bagi Pedagang Pasar Hadapi Pandemi

Baca juga: Selama Pandemi Kita Disarankan Konsumsi Vitamin, Tapi Jangan Berlebihan, Ini Efek Sampingnya

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, beberapa negara di dunia saat ini tengah mengalami gelombang ketiga pandemi. Dan hal yang sama bisa saja terjadi di Indonesia.

Berkaca dari gelombang kedua beberapa bulan lalu, menurut Wiku, Indonesia bisa saja agak terlambat mengalami lonjakan kasus dibandingkan kondisi global.

Wiku menjelaskan terdapat pola atau jeda waktu sekitar 3 bulan antara gelombang corona secara dunia dengan yang terjadi di Indonesia.

Perhitungan tersebut didapat setelah melihat gelombang kasus dunia yang terjadi pada April 2021 lalu.

Sementara di Indonesia pada saat itu justru kasusnya sedang turun, namun terlihat kembali meningkat 3 bulan setelahnya atau pada Juli 2021.

”Melihat pola lonjakan kasus di Indonesia yang berselang 3 bulan dari lonjakan di negara lain seperti India, Malaysia, dan Jepang, maka kita harus waspada dan tetap disiplin menjalani protokol kesehatan agar kita tidak menyusul lonjakan ketiga dalam beberapa bulan ke depan," kata Wiku dalam jumpa pers virtual, Selasa 21 September 2021.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved