Breaking News:

Berita Bali

Pemprov Akan Gelar Festival Seni Bali Jani III Secara Hybrid, Usung Tema ‘Jenggala Sutra’

ajang Pesta Kesenian Bali (PKB), yang merupakan ajang pemanggungan kesenian tradisional, klasik dan seni rakyat.

Penulis: Ragil Armando | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/Ragil Armando
Kadisbud Arya Sugiartha didampingi tim kurator FBJ 2021 IB Martinaya, Dr. I Komang Sudirga dan Warih Wisatsana di Dinas Kebudayaan Bali, Rabu 22 September 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR  - Pemprov Bali kembali menggelar Festival Seni Bali Jani (FSBJ) III.

Kegiatan ini sendiri rencananya bakal dilangsungkan mulai 23 Oktober hingga 6 November 2021.

Kegiatan yang dilangsungkan pada masa pandemi ini bakal menghadirkan berbagai  seni inovatif, modern dan kontemporer guna merangsang kegairahan Generasi Millenial Bali dalam berkesenian.

Selain sebagai ruang edukasi, Festival Seni Bali Jani III juga diharapkan akan menjadi ladang pembibitan bagi generasi muda Bali untuk tumbuh berkembang sebagai kreator-kreator hebat di bidang seni kontemporer dan modern.

Baca juga: Bentara Budaya Gelar Pameran Dua Menguak Seni, Ikut Dipamerkan Karya-karya Sejumlah Seniman Bali

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Prof. Dr. I Gede Arya Sugiartha mengatakan bahwa Festival Seni Bali Jani memusatkan perhatian pada seni-seni kekinian yang memang dekat dengan realita kehidupan yang sedang dialami Generasi Millenial.

Sedangkan, ajang Pesta Kesenian Bali (PKB), yang merupakan ajang pemanggungan kesenian tradisional, klasik dan seni rakyat.

"Dengan demikian Bali kini memiliki dua festival seni besar dengan konsep dan style yang berbeda-beda yaitu, Pesta Kesenian Bali dan Festival Seni Bali Jani," ujarnya di Dinas Kebudayaan Bali, Rabu 22 September 2021.

Ia juga mengatakan bahwa Festival Seni Bali Jani sendiri merupakan gagasan langsung dari  Gubernur Bali Wayan Koster yang merupakan perwujudan nyata dari visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru .

Visi ini mengandung arti menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya , untuk mewujudkan kehidupan Krama Bali yang sejahtera dan bahagia, secara Sekala dan Niskala.

Untuk Festival Seni Bali Jani III kali ini, lanjut Arya Sugiartha mengangkat tema 'Jenggala Sutra : Susastra Wana Kerthi'.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved