Breaking News:

Berita Denpasar

Pertama Kali Digelar, BHA Sustainable Food Festival Akan Diikuti 30 Hotel di Bali

(BHA) akan menggelar BHA Sustainable Food Festival yang pertama, yakni sebuah festival makanan dengan mengedepankan konsep berkelanjutan dan ramah lin

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Karsiani Putri
Dok. Bali Hotels Association (BHA)
ILUSTRASI- Bali Hotels Association (BHA) akan menggelar BHA Sustainable Food Festival yang pertama, yakni sebuah festival makanan dengan mengedepankan konsep berkelanjutan dan ramah lingkungan 

TRIBUN BALI.COM, DENPASAR – Bali Hotels Association (BHA) akan menggelar BHA Sustainable Food Festival yang pertama, yakni sebuah festival makanan dengan mengedepankan konsep berkelanjutan dan ramah lingkungan yang akan berlangsung dari 27 September hingga 16 Oktober di 30 hotel anggota yang berpartisipasi.

Melalui festival ini, anggota BHA yang berpartisipasi memiliki kesempatan untuk memamerkan upaya inovatif yang telah mereka lakukan dalam mengadopsi prinsip keberlanjutan dalam kegiatan usahanya selama ini. 

Selain program pengurangan sampah plastik sekali pakai yang sudah berjalan dengan baik, hotel anggota yang berpartisipasi kini ditantang untuk menyiapkan satu menu makan siang yang terdiri dari dua hidangan dengan harga maksimum Rp200 ribu net per orang.

Dan satu menu makan malam dengan tiga hidangan dengan harga maksimum Rp350ribu net per orang.

Untuk dapat ditampilkan, menu-menu tersebut harus memenuhi kriteria keberlanjutan utama sebagai berikut:

  •  Bahan makanan menggunakan 100 persen produk dari Indonesia;
  •  Menggunakan minimal 75 persen produk yang ditanam secara organik;
  •  Menghormati prinsip-prinsip perdagangan yang adil, misalnya perusahaan yang dipimpin oleh wanita;
  •  Seluruh produk makanan laut memiliki sertifikat keberlanjutan dan produk unggas bersertifikat free range (jelajah bebas, tidak dikandangkan);

“Sangat menggembirakan melihat hotel anggota kami turut berpartisipasi dalam festival ini sehingga mereka dapat berbagi tentang praktik terbaik dalam menerapkan prinsip berkelanjutan yang telah mereka jalankan selama ini,” ujar Ketua BHA, Jean Heliere dalam keterangan tertulisnya, Rabu 22 September 2021.

Sektor pariwisata akan pulih dan mulai kembali dengan cara baru yang lebih berkelanjutan. 

Pihaknya berharap inisiatif ini dapat meningkatkan kesadaran publik dan menunjukkan beragam tindakan yang telah diambil untuk beradaptasi dan berkembang selama masa-masa yang paling menantang ini.

“Festival makanan yang akan datang ini, membawa pesan tentang perjalanan yang bertanggung jawab, mendorong anggota dan tamu hotel kami untuk berkontribusi dalam mengurangi limbah makanan melalui praktik keberlanjutan,” tambah Jean Helière.

Kevin Girard selaku Environment Director BHA menyampaikan dirinya sangat senang melihat semangat dan partisipasi dari anggota kami untuk menampilkan yang terbaik dari Bali. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved