KKB Papua

10 Hari Hilang, Nakes Gerald Sokoy Ternyata "Disandera" KKB Lamek Taplo, Begini Nasibnya

Gerald Sokoy adalah satu dari 10 tenaga kesehatan yang melonpat ke jurang di Distrik Kiwiork, saa KKB melakukan pembakaran Puskesmas diKiwirok

Editor: Bambang Wiyono
Tribun-Papua.com/Istimewa
Gerald Sokoy (jaket biru sambil memegang kertas), tenaga kesehatan yang dikabarkan hilang pascapenyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Kiwirok Kabupaten Pegunungan Bintang pada 13 September lalu, kini berada di tangan Tentara Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang dikomandoi Lamek Taplo. 

TRIBUN-BALI.COM, JAYAPURA - Satu tenaga kesehatan ( nakes) yang hilang paska penyerangan KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) pimpinan Lamek Taplo di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, tiba-tiba dipertontonkan ke publik oleh KKB.

Selama 10 hari paska penyerangan dan pembakaran Puskesmas Kiwirok, nakes bernama Gerald Sokoy yang bertugas sebagai mantri tersebut berada di tangan KKB.

Pihak KKB membantah telah menyandera Gerald Sokoy, namun mengamankan setelah tersesat dalam pelarian paska insiden tersebut.

    

Gerald Sokoy yang dikabarkan hilang paska penyerangan KKB di Distrik Kiwirok pada 13 September lalu, kini berada di tangan Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) yang dikomandoi Lamek Taplo.

Gerald Sokoy adalah satu dari 10 tenaga kesehatan yang melonpat ke jurang di Distrik Kiwiork, saa KKB melakukan pembakaran Puskesmas serta sejumlah fasilitas umum lainnya.  

Juru Bicara OPM, Sebby Sambom mengklaim, Gerald Sokoy bukan disandera pihaknya.  

Baca juga: KISAH Suster Puskesmas Kiwirok, Diserang KKB Papua Secara Membabi Buta, Pilih Lompat ke Jurang

"Gerald Sokoy bukan disandera namun tersesat dalam peristiwa penembakan di Distrik Kiwirok, maka Pasukan TPNPB-OPM tetap lindungi Gerald Sokoy sebagai warga sipil non militer," klaim Sebby kepada Tribun-Papua.com, Kamis (23/9/2021).

Kini, Gerald sudah 10 hari bersama pasukan tentara OPM Kodap 15 Ngalum Kupel . 

"Menurut laporan resmi dari Brigadir Jenderal Lamek Taplo, akan serakan Gerald Sokoy melalui pihak Gereja atau pemerintah daerah Kabupaten Pengunungan Bintang secara terhormat," ujar Sebby.

Baca juga: RIP Gabriella Maelani, Suster Andalan di Distrik Kiwirok yang Dibunuh KKB Papua Pimpinan Lamek Taplo

Menurut Sebby, informasi terkait rangkaian peristiwa yang terjadi di Distrik Kiwirok selama ini simpang siur.

"Gerald Sokoy akan jelaskan kepada publik terkait dokter bersenjata dan nasip Nakes korban meninggal dunia," lanjutnya.

Sementara itu, Panglima Kodap XV Ngalum Kupel, Lamek Taplo melaporkan pihaknya akan tetap mempertahankan klaimnya atas apa yang terjadi di Kiwirok. 

"Banyak pihak yang menyudutkan kami pasukan TPNPB-OPM, (publik) akan dengar langsung dari mantri Gerald Sokoy," ujar Lamek. 

Baca juga: 2 Guru SMP Dievakuasi dengan Helikopter dari Kiwirok, Takut Diserang KKB Pimpinan Lamek Taplo

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved