Breaking News:

Berita Bali

38 Penerbang Tempur Koopsau II Ikuti Latihan Emergency Escape and Eject di Bali

penerbang tersebut harus menghadapi kondisi melayang di udara dengan parasut kemudian mendarat selamat baik di air maupun di darat

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Salah satu penerbang tempur saat mengikuti simulasi latihan emergency escape and eject mendarat di darat. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Sebuah pesawat tempur failed karena mengalami trouble atau masalah, lalu penerbang atau pilot pesawat tempur tersebut menggunakan ejection seat untuk keluar melontar dari pesawat.

Setelah keluar terlontar, penerbang tersebut harus menghadapi kondisi melayang di udara dengan parasut kemudian mendarat selamat baik di air maupun di darat.

Itu merupakan skenario yang digunakan Koopsau II dalam latihan emergency escape and eject, Kamis 23 September 2021 di kawasan perairan Tanjung Benoa.

"Latihan emergency escape and eject ini adalah salah satu kegiatan untuk melatih para penerbang (pilot) tempur pada saat menghadapi kondisi keluar dari pesawat dia punya pengalaman untuk lepas dari parasut untuk segera meninggalkannya. Bisa terjadi mendarat di air ataupun di darat," ujar Pengawas Latihan Emergency Escape and Eject Tahun 2021, Marsma TNI Eduard Sri Wisnu M, S.E.

Baca juga: Pangdam IX/Udayana Maknai HUT ke-76 TNI dengan Peran Aktif ke Masyarakat, Gelar Baksos Donor Darah

Ia berharap mereka bisa mendapatkan pengalaman dan tidak ragu-ragu untuk melakukan ejection seat, yang mana kegiatan latihan dilakukan rutin setiap tahun.

Setiap penerbang tempur khususnya yang baru-baru harus diberikan pengalaman-pengalaman seperti ini agar saat melaksanakan dinas mereka confidence.

Latihan kali ini menurutnya lebih utama simulasikan mereka mendarat di air.

"Kita buatkan simulasi lebih utama adalah mereka latihan di air. Berapa ketinggian yang harus dia lepas dari harnes sehingga merasa aman untuk mendarat didapat," imbuh Marsma TNI Eduard Wisnu.

Kita tidak tahu nanti saat escape dan eject itu akan mendarat dimana, sehingga pengalaman dia mendarat di darat tidak masalah.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved