Breaking News:

Berita Bali

Indonesia Jadi Salah Satu Negara Terbaik Pengendalian Covid-19, Ini Komentar Pangdam IX/Udayana

Kodam IX/Udayana bersinergi penuh dengan Pemerintah Provinsi Bali, Kepolisian Daerah Bali, Akademisi, Desa Adat, kelompok mahasiswa hingga komunitas.

Penulis: Adrian Amurwonegoro | Editor: Noviana Windri
Tribun Bali/Andrian Amurwonegoro
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Indonesia kini menjadi salah satu negara yang terbaik dalam mengatasi pandemi Covid-19, hal ini tak lepas dari upaya penuh dari jajaran Pemerintah, TNI, Polri dan unsur lainnya.

Seperti halnya di Bali, Kodam IX/Udayana bersinergi penuh dengan Pemerintah Provinsi Bali, Kepolisian Daerah Bali, Akademisi, Desa Adat, kelompok mahasiswa hingga komunitas sosial masyarakat untuk menekan laju penyebaran Covid-19 hingga kasus pun terbukti melandai saat ini.

"Indonesia sudah dianggap salah satu negara yang bisa sangat cepat mengatasi pandemi Covid-19, one of the best, bagaimana Indonesia mengatasinya, menurut saya kuncinya hanya ada 4, Vaksinasi, Protokol Kesehatan, 3 T (Tracing, Testing, Treatment) dan Isolasi Terpusat," kata Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak kepada Tribun Bali, pada Sabtu 25 September 2021.

Menurut Mayjen TNI Maruli, upaya-upaya dan sinergitas antar lini tersebutlah yang gencar dilakukan di Indonesia salah satunya di wilayah Bali.

Meskipun sempat disebut negara yang gagal dalam penanganan pandemi Covid-19, namun Indonesia mampu bangkit menghadapinya.

"Kedepan tentu hanya perlu konsisten 4 hal itu, protokol kesehatan harus terus jangan sampai kasus meledak lagi, bahkan Isoter di Bali menjadi percontohan penanganan Covid-19 dengan segala fasilitas yang disiapkan sedemikian rupa dengan menggunakan hotel, asrama mahasiswa Undiksha, Kompi Rusun Yonif Raider 900/SBW semua kita upayakan, tracing langsung testing," jelas dia.

Baca juga: Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Secara Aklamasi Terpilih Sebagai Ketum PB PJSI

Baca juga: TNI Institusi Paling Dipercayai Publik, Pangdam Mayjen TNI Maruli Simanjuntak: Kami Bekerja Saja

Selain itu, giat penjemputan pasien Covid-19 dari Isolasi Mandiri ke Isoter dilakukan secara masif ratusan orang per harinya.

"Ini mungkin hanya ada terjadi di Indonesia, cuma ada di sini, itu kelebihan kita, setiap malam video conferenence pemerintah hingga kelompok sosial, mungkin itu yang sulit direalisasikan di luar negeri, Indonesia unik harus diatasi dengan cara ekstra brilian," kata dia.

Pangdam IX/Udayana juga menyampaikan rasa salutnya terhadap para Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang menjadi ujung tombak di desa-desa melakukan edukasi, sosialisasi langsung kepada masyarakat yang positif Covid-19 hingga mau dengan sukarela menjalani Isoter.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved