Breaking News:

Berita Bali

Ari Dwipayana Harap STAHN Mpu Kuturan Singaraja Terapkan Konsep Green, Art and Smart Campus

Ari berharap bahwa setiap orang yang datang ke kampus agar mendapatkan kesan  pertama, yakni kampus hijau atau green campus

Tribun Bali/Ratu Ayu Astri Desiani
Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Ari Dwipayana berkunjung ke STAHN Mpu Kuturan Singaraja, pada Kamis (23/9/2021) 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Anak Agung Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Dr. AAGN Ari Dwipayana, S.IP.,M.Si berharap pembangunan Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja, kedepan menerapkan konsep green, art dan smart (GAS).

"STAHN Mpu Kuturan harus memiliki konsep yang kuat. Membangun gedung bukanlah hal yang susah.

Menjaga soul dan spirit juga sangat penting dan signifikan," kata Ari Dwipayana di hadapan sejumlah dosen dan civitas akademika STAHN Mpu Kuturan, beberapa waktu lalu.

Dalam rilisnya, Ari berharap bahwa setiap orang yang datang ke kampus agar mendapatkan kesan  pertama, yakni kampus hijau atau green campus.

Baca juga: Koordinator Stafsus Presiden RI Tinjau Pembangunan Asrama STAHN Mpu Kuturan Singaraja

"Kedepan, isu green dan isu ekologi akan menjadi isu global. Apalagi konsep 'Sad Kertih' yang jiwanya sebenarnya adalah menjaga alam dan ekosistemnya," paparnya.

Ari Dwipayana yang juga Ketua Yayasan Puri Kauhan Ubud, berharap STAHN Mpu Kuturan Singaraja mampu mengangkat karya seni Bali Utara sebagai salah satu bagian dari art (seni) yang menjadi salah satu ciri Pulau Dewata.

Mulai dari arsitektur, ukiran, dan seni-budaya. Perguruan Tinggi seharusnya mampu mengangkat eksistensi seni Bali Utara.

Selanjutnya, Ari juga berharap agar STAHN mengarah pada konsep 'education tecnology'. "STAHN harus  mulai melirik 'smart campus'. Bukan hanya internet saja. Tetapi juga bidang administrasi (e-registration), pembayaran (e-transaction) dan juga tentunya dalam ranah pendidikan (e-learning)," ujar dia.

Pihaknya juga menyinggung salah satu keunggulan kampus muda, adalah mampu lebih awal untuk adaptif.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved