Breaking News:

Sponsored Content

Memperingati Hari Alzheimer Sedunia, Mari Kita Ketahui Lebih Dalam Tentang Alzheimer

Sejarah Hari Alzheimer Sedunia: Alois Alzheimer, seorang psikiater Jerman, mengidentifikasi penyakit ini untuk pertama kalinya pada tahun 1901 pada

Istimewa
ilustrasi - struktur otak 

Oleh: Dr. I Made Maha Candra Budaya

Hari Alzheimer diperingati sedunia setiap tahun pada tanggal 21 September.

Di banyak negara, Hari Alzheimer Sedunia diperingati sepanjang bulan tersebut Hari peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit Alzheimer, gejala umum, dan faktor risiko yang menyertainya, juga meningkatkan kesadaran tentang tingkat keparahan penyakit Alzheimer dan penyebabnya.

Sejarah Hari Alzheimer Sedunia: Alois Alzheimer, seorang psikiater Jerman, mengidentifikasi penyakit ini untuk pertama kalinya pada tahun 1901 pada seorang wanita Jerman berusia 50 tahun.

Alzheimer Disease International dibentuk pada tahun 1984. Pada hari jadinya yang kesepuluh yang diperingati pada tahun 1994, organisasi tersebut mengumumkan peresmian Hari Alzheimer Sedunia.

Baca juga: Sulit Fokus hingga Perubahan Perilaku, Berikut 10 Gejala Umum Demensia Alzheimer

Mereka memutuskan untuk merayakannya pada tanggal 21 September setiap tahun. Namun, Bulan Alzheimer Sedunia diakui pada tahun 2012.

Apa itu penyakit Alzheimer?

Penyakit Alzheimer atau orang awam sering meyebutnya dengan pikun adalah penyakit neurodegeneratif yang menyerang otak  sehingga memperburuk memori dan kemampuan kognitif.

Insiden demensia Alzheimer di seluruh dunia meningkat dengan cepat dan saat ini diperkirakan mendekati 46,8 atau 50 juta orang yang didiagnosis dengan demensia di dunia, 20,9 juta di Asia Pasifik (Alzheimer’s Disease International, World Health Organization, 2017), ada sekitar 10 juta kasus baru setiap tahun.

Di Indonesia sendiri, diperkirakan ada sekitar 1.2 juta orang dengan demensia pada tahun 2016, yang akan meningkat menjadi 2 juta di 2030 dan 4 juta orang pada tahun 2050.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved