Breaking News:

Berita Bali

Orasi Ilmiah di UNHI,Ari Dwipayana:Menyeimbangkan Agama, Wisdom & Sains untuk Memuliakan Kemanusiaan

Masyarakat Bali mengenal wiweka-widya dan jnana-wicaksana, yang menekankan bahwa sains dan teknologi bukanlah sekadar eksplorasi pikiran yang

Istimewa
Ari Dwipayana 

Laporan Wartawan Tribun Bali Anak Agung Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sains dan teknologi dalam perspektif tradisi Bali memiliki kearifan tersendiri, yang melengkapi sains modern.

Masyarakat Bali mengenal wiweka-widya dan jnana-wicaksana, yang menekankan bahwa sains dan teknologi bukanlah sekadar eksplorasi pikiran yang menghasilkan widya, tapi juga menembus olah kepekaan jnana hingga berpuncak pada kawicaksanan atau wisdom. 

Hal itu disampaikan Koordinator Staf Khusus Presiden RI, AA GN Ari Dwipayana, pada orasi ilmiah yang diselenggarakan untuk memperingati Dies Natalis Universitas Hindu Indonesia (UNHI) ke-58, bersamaan dengan Wisuda Sarjana ke-59, Wisuda Magister ke-30 dan Wisuda Doktor ke-18 pada Senin, 4 Oktober2021.

Menurut Ari Dwipayana, tradisi pengetahuan di Bali bisa dipilah dalam 3 dimensi.

Baca juga: Ari Dwipayana Harap STAHN Mpu Kuturan Singaraja Terapkan Konsep Green, Art and Smart Campus

Pertama, yaitu dimensi rasa, yang bersumber pada pengakuan adanya jiwa dalam setiap obyek di dunia.

Dengan dimensi rasa ini, sains dan teknologi bukanlah alur linear antara subjek dan objek.

Sebaliknya, implementasi sains dan teknologi adalah wujud interaksi antar jiwa di alam semesta, baik jiwa-jiwa dalam diri manusia, binatang, tumbuhan, benda-benda maupun jiwa alam semesta itu sendiri.

Selain soal dimensi rasa, Ari Dwipayana, juga menegaskan bahwa pengetahuan tradisi Bali juga menawarkan dimensi etik sebagai bagian intergral etika masa depan, yaitu kepatutan dan kepantasan.

Dalam hal ini, implementasi sains dan teknologi bukan oposisi biner antara benar dan salah, tapi harus mempertimbangkan nilai kebaikan dan keburukan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved