Breaking News:

Berita Denpasar

Antisipasi Banjir Saat Musim Hujan, PUPR Kota Denpasar Gelar Pembersihan Drainase di Beberapa Titik

antisipasi terjadinya banjir akibat musim hujan, tim dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan pembersihan saluaran air.

Penulis: Putu Supartika | Editor: Noviana Windri
Dinas PUPR Kota Denpasar
Pelaksanaan pembersihan drainase untuk antisipasi terjadinya banjir ketika musim hujan 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Untuk antisipasi terjadinya banjir akibat musim hujan, tim dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan pembersihan saluaran air atau gorong-gorong dari sampah.

Beberapa titik yang disasar yakni wilayah yang rawan terjadi banjir maupun genangan saat hujan.

Titik-titik tersebut yakni di Jalan Tukad Yeh Aya IX, Jalan Kaliasem, Jalan Nagasari Penatih, Jalan A Yani, dan Jalan Plawa.  

Dimana, rata-rata genangan diakibatkan oleh tersumbatnya saluran drainase akibat adanya sampah yang dibawa oleh arus air. 

Kadis PUPR Kota Denpasar, Nyoman Ngurah Jimmy Sidarta, mengatakan, hujan yang terjadi menyebabkan meningkatnya debit air di drainase dan sungai di Kota Denpasar. 

Baca juga: Personel Polsek Negara Kerja Bakti, Bantu Bersihkan Bekas Banjir di Pebuahan

Baca juga: Tembok Penyengker Rumah Ambrol, Banjir Surut, Longsor Terjadi di Jembrana

Karenanya, Dinas PUPR Kota Denpasar yang menerjunkan petugas bersama Tim Gabungan  yang terdiri atas BPBD dan DLHK Kota Denpasar langsung melaksanakan atensi dan secara berkelanjutan mobiling ke empat kecamatan di Kota Denpasar.  

"Sebenarnya sistem drainase di Denpasar sudah cukup baik, namun  demikian mengingat curah hujan cukup tinggi disertai sumbatan sampah dan kontur wilayah yang cenderung datar membuat timbulnya genangan air saat hujan lebat dengan intensitas tinggi," kata Jimmy saat dihubungi Rabu, 6 Oktober 2021.

Kondisi ini memungkinkan daya tampung drainase yang melebihi kapasitasnya, sehingga selang beberapa menit saja surut kembali.

Jimmy juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan ikut andil menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke sungai. 

Hal ini mengingat sudah memasuki musim hujan

Di sisi lain, Lurah Sesetan, Ketut Sri Karyawati mengucapkan terima kasih kepada Dinas PUPR Kota Denpasar atas respon cepat penyelesaian pengglontoran got yang dikeluhkan warga setempat. 

Baca juga: Banjir di Desa Kusamba Klungkung, Ratusan Ternak Ayam Milik Warga Mati

Sri Karyawati menambahkan laporan masyarakat ini guna mengantisipasi banjir menjelang musim penghujan dan mewabahnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). 

"Kami sangat apresiasi respon cepat yang dilaksanakan, dengan demikian kita berharap segala permasalahan yang ada cepat terselesaikan," katanya.

Pihaknya juga secara rutin melakukan bersih bersih lingkungan dengan melibatkan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang asri sekaligus antisipasi banjir. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved