Breaking News:

PON XX Papua

Oka Sulaksana Sumbang Medali Emas untuk Bali dan Akan Pensiun Setelah PON Papua

Karier Oka Sulaksana di dunia layar sangat luar biasa. Ia mengikuti PON pertamanya pada tahun 1993 saat berusia 22 tahun.

Penulis: Marianus Seran | Editor: DionDBPutra
TRIBUN BALI/MARIANUS SERAN
Peselancar Bali Oka Sulaksana di pantai Hamidi TNI AL Kota Jayapura, Rabu 6 Oktober 2021. 

TRIBUN BALI.COM, JAYAPURA - Peselancar senior I Gusti Made Oka Sulaksana mempersembahkan medali emas nomor RSX 0,5 putra untuk Bali dari cabang layar PON XX Papua 2021.

Seusai berlomba di pantai Hamidi TNI AL Kota Jayapura, Rabu 6 Oktober 2021 siang, Oka Sulaksana mengatakan akan pensiun setelah tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Baca juga: Update PON Papua, Tujuh Atlet yang Terpapar Covid-19 Isolasi di RSUD Mimika

Baca juga: Ni Luh Citra Dewi Raih Perak, Jabar dan Papua Raih Emas Bersama di Nomor 50 Meter Bifins Putri

"Untuk PON, saya akan pensiun dan akan majukan yang junior ke olimpic kelas (Asian Games, SEA Games dan ajang internasional). Mereka akan jauh lebih kuat daripada saya bertahan sendiri," kata Oka Sulaksana.

Menurut dia, perjuangan merebut medali emas di nomor ini tidak mudah. Dia berlomba selama empat hari dalam kondisi angin yang terus berubah, terkadang kencang dan pelan.

"Empat hari berlomba ada angin pelan dan kencang, apalagi angin keras ya, atlet Bali kan senang di angin keras. Tadi race akhir baru angin keras, tadi atlet Bali Hasel dan Gopala, kalah di race- race pertama (angin pelan)," katanya.

Dua atlet Bali lainnya, yakni I Gusti Agung Danendra Hasel yang tampil di final nomor techno 293 putra harus puas berada di peringkat keempat.

I Gusti Bagus Gopala Sulaksana tampil di nomor final RS One Putra juga harus puas di peringkat keempat.

"Hasilnya kedua atlet Bali berada di posisi keempat. Padahal tadi race pagi hari Hasel di posisi kedua, tapi dia turun. Gopala di posisi kedua," kata Oka Sulaksana.

Karier Oka Sulaksana di dunia layar sangat luar biasa. Ia mengikuti PON pertamanya pada tahun 1993 saat berusia 22 tahun.

Sejak tahun 1993 hingga saat ini, Oka Sulaksana telah mempersembahkan delapan medali emas PON dari cabor layar untuk Provinsi Bali.

Oka Sulaksana dua kali meraih medali emas Asian Games di masing-masing Asian Games 1998 dan 2002. Spesialisasinya adalah di nomor mistral.

Ia juga pernah tampil di Olimpiade Atlanta 1996, Olimpiade Sydney 2000 dan Athena 2004.

Dengan tambahan medali emas Oka Sulaksana, kontingen Bali telah mengemas 13 medali emas, sembilan perak, dan 15 perunggu.

Berita lain dari arena PON Papua

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved