Breaking News:

Sponsored Content

Sekda Adi Arnawa Hadiri Karya Nyekah Massal di Banjar Pengembungan Sari Desa Bongkasa Abiansemal

Pelestarian Seni, Adat, Agama dan Budaya di Badung sudah menjadi program prioritas Pemkab Badung, salah satu di dalamnya adalah upacara Pitra Yadnya

Tribun Bali/I Komang Agus Aryanta
Sekda Adi Arnawa saat menghadiri upacara Nyekah Massal/Memukur dan Metatah bertempat di Banjar Pengembungan Sari Desa Bongkasa, Kecamatan Abiansemal, Selasa 5 Oktober 2021. 

TRIBUN-BALI.COM,  BADUNG - Pelestarian Seni, Adat, Agama dan Budaya di Badung sudah menjadi program prioritas Pemkab Badung, salah satu di dalamnya adalah upacara Pitra Yadnya (nyekah massal) dan Manusa Yadnya (metatah).

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Badung I Wayan Adi Arnawa saat menghadiri upacara Nyekah Massal/Memukur dan Metatah bertempat di Banjar Pengembungan Sari Desa Bongkasa, Kecamatan Abiansemal, Selasa 5 Oktober 2021 sore.

Dalam kesempatan tersebut dan guna mendukung pelaksanaan karya Sekda Adi Arnawa menyerahkan dana punia secara simbolis sebesar Rp50 juta diterima langsung panitia karya Anak Agung Gede Sanjaya.

Baca juga: Kasus Dugaan Pemotongan Insentif Tenaga Kesehatan, Kejari Badung Periksa 32 Nakes

Lebih lanjut Sekda Adi Arnawa mengatakan pihaknya mewakili Bupati Badung dan atas nama Pemerintah Kabupaten Badung memberikan apresiasi dan mendukung segala bentuk upacara keagamaan, adat dan budaya dengan rasa tulus ikhlas gotong-royong semangat kebersamaan meskipun di tengah situasi pandemi saat ini. 

"Saya merasa bangga karena di dalam proses pelaksanaan upacara nyekah massal dan metatah ini masyarakat setempat telah menerapkan protokol kesehatan, karena ini memang harus kita lakukan bersama supaya tidak tertular virus ataupun penyakit lainnya," ucap Adi Arnawa seraya berharap pandemi segera berakhir, perekonomian kembali pulih dan pelaksanaan upacara berjalan dengan labda karya sida sidaning don.

Baca juga: Pihak Sekolah Harapkan Gedung SDN 3 Kuwum di Badung Bisa Diperbaiki Secepatnya

Sementara itu Ketua Panitia Karya Anak Agung Gede Sanjaya menyampaikan bahwa upacara Pitra Yadnya di Banjar Pengembungan Sari ini sebagai wujud bakti kepada leluhur yang diikuti sebanyak 23 sawa, metatah 21 orang, mepetik 40 orang.

Pelaksanaan yadnya keseluruhan menghabiskan dana kurang lebih Rp150 juta dan sumber dananya diperoleh dari masing-masing sawa secara urunan sebesar Rp4 juta. 

Rangkaian karya telah mulai dilaksanakan pada tanggal 16 September lalu dengan matur piuning, pada tanggal 9 Oktober ini  merupakan puncak upacara yang didahului dengan melaspas sekah, mapurwa daksina metatah.

Baca juga: Uji Coba PeduliLindungi di Pasar Badung Denpasar Tinggal Menunggu QR Code

Turut hadir Anggota DPRD I Nyoman Dirgayusa, Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa bersama unsur tripika, Perbekel Bongkasa I Ketut Luki, Bendesa Adat Bongkasa IB Gede Sujia Pradanta serta tokoh masyarakat setempat. (*)

Berita lainnya di Berita Badung

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved