Breaking News:

Berita Buleleng

Dewan Buleleng Sepakat Usulkan Ranperda Sistem Pertanian Organik Dalam Rapat Paripurna

Rencana Komisi II DPRD untuk membuat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif tentang Sistem Pertanian Organik kian mantap.

Tribun Bali/Ratu Ayu Astri Desiani
Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Buleleng saat menggelar rapat membahas draf Ranperda tentang Sistem Pertanian Organik pada Jumat 8 Oktober 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, BULELENG - Rencana Komisi II DPRD untuk membuat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif tentang Sistem Pertanian Organik kian mantap.

Dalam waktu dekat rencana ini akan diusulkan dalam rapat paripurna. 

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Buleleng, Nyoman Gede Wandira Adi ditemui seusai menggelar rapat membahas draf Ranperda tentang Sistem Pertanian Organik pada Jumat 8 Oktober 2021 mengatakan, Komisi II bersama tim penyusun naskah akademik sudah merampungkan tugasnya membuat kajian terkait Ranperda tersebut.

Baca juga: Spesialis Jambret Kalung Emas di Buleleng Ditangkap Polisi, Liontin Tertinggal di TKP

Wandira lantas menilai Ranperda ini cukup penting mengingat dewan ingin menjawab permasalahan yang dihadapi oleh para petani, terkait mulai langkanya pupuk kimia.

Sehingga Bapemperda DPRD Buleleng sepakat agar Ranperda inisiatif dari Komisi II ini diusulkan dalam rapat paripurna, yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat. 

Wandira mengatakan, dengan adanya Ranperda ini, selain diharapkan dapat membantu petani memperoleh pupuk organik, juga dapat mengembalikan unsur hara pada tanah pertanian yang ada di Buleleng, mengingat kondisinya saat ini cukup mengkhawatirkan akibat dampak dari penggunaan pupuk kimia. 

Baca juga: Pemkab Buleleng Akan Konsultasi ke BKN Terkait Pemecatan 8 Pejabat Dinas Pariwisata

Wandira pun tidak menampik, dalam menerapkan sistem pertanian organik akan ada beberapa kendala yang dihadapi.

Salah satunya turunnya hasil panen pasca penerapan sistem pertanian organik.

Namun hal itu akan ditindaklanjuti lewat pembahasan selanjutnya.

"Masyarakat Buleleng tentu sangat susah atau meboya terkait hal-hal yang baru. Untuk itu kawan-kawan yang menjadi inisiatif perda ini dilahirkan mampu menjadi leader untuk menggerakan sistem pertanian organik."

Baca juga: DPRD Buleleng Rancang Ranperda Inisiatif Dewan Tentang Sistem Pertanian Organik

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved