Breaking News:

Bali

Dianggap Masih Perlu Disempurnakan, Berikut Masukan Ahli Virus Soal Aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi PeduliLindungi kini menjadi bekal wajib bagi seseorang tat kala bepergian atau beraktivitas di luar rumah di tengah masa pandemi COVID-19.

Podacst Tribun Bali
Ahli Virologi Universitas Udayana Bali, Prof. Dr. drh I Gusti Ngurah Kade Mahardika 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Aplikasi PeduliLindungi kini menjadi bekal wajib bagi seseorang tat kala bepergian atau beraktivitas di luar rumah di tengah masa pandemi COVID-19.

Seperti halnya memasuki mall, obyek wisata dan tempat publik lainnya, namun dalam pelaksanaannya penerapan aplikasi PeduliLindungi menuai kendala di lapangan.

"Kalau seandainya PeduliLindungi sudah ada dari tahun lalu barang tentu lebih baik," kata Ahli Virologi Universitas Udayana Bali, Prof. Dr. drh I Gusti Ngurah Kade Mahardika dalam tayangan podcast Tribun Bali, Kamis 7 Oktober 2021.

Dalam perkembangannya, berkaca pada penilaian masyarakat luas, penerapan aplikasi PeduliLindungi masih menyisakan berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat, salah satunya di mana gadget tidak dimiliki semua lapisan masyarakat.

"Perlu ada modifikasi, misal hanya dengan memasukkan Nomor KTP, kemudian bisa terecord semua termasuk data vaksinasi itu," ujarnya.

Di samping itu, Prof. Mahardika juga menyoroti aplikasi PeduliLindungi yang masih sebatas mendeteksi jumlah orang yang masuk di lokasi tersebut, namun tidak me-record apakah orang tersebut tanpa gejala (OTG) atau kontak erat dengan pasien COVID-19.

"Kedepan bisa dilink-kan pernah OTG, atau dirawat, lebih lengkap datanya bisa diakses. Di China, Vietnam ada mekanismenya dari awal sudah jelas orang yang OTG atau kontak itu kemanapun tidak boleh," ujarnya.

"Apakah hanya melihat jumlah orang di suatu lokasi, maka jika masuk wajib scan, meninggalkan lokasi juga harus scan, karena kalau keluar tidak scan lagi kan status masih fi tempat itu, itu yang perlu disempurnakan," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved