Breaking News:

Berita Tabanan

Supaya Tak Hanya Dijadikan Pakan Babi, FP Unwar Perkenalkan Teknologi Olah Talas Jadi Mie

pemilihan ubi talas sebagai bahan dasar mie merupakan upaya untuk memanfaatkan bahan lokal yang mudah didapatkan dan belum digunakan secara maksimal.

Editor: Noviana Windri
FP Unwar
FP Unwar Perkenalkan Teknologi Olah Talas Jadi Mie 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Fakultas Pertanian (FP), Universitas Warmadewa (Unwar) memperkenalkan teknologi pengolahan ubi talas menjadi mie.

Teknologi pengolahan ini diperkenalkan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Dharma Santhi, Desa Baru, Kecamatan Marga, Tabanan dalam kegiatan International Community Service yang digelar secara hybrid dengan melibatkan Faculty of Applied Sciences, Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia pada Sabtu (9/10/2021).,

Akademisi FP Unwar, Dr. Ir. Luh Suriati, MSi mengungkapkan pemilihan ubi talas sebagai bahan dasar mie merupakan upaya untuk memanfaatkan bahan lokal yang mudah didapatkan dan belum digunakan secara maksimal.

 Apalagi pemanfaatan ubi talas hanya direbus dan dijadikan camilan selingan.

Disisi lain produksi ubi talas di Desa Baru cukup melimpah dan cenderung hanya dijadikan pakan ternak.

Baca juga: Rekomendasi 5 Jajanan Berbahan Talas Untuk Menu Buka Puasa Ramadhan

Baca juga: Camilan Tradisional dengan Rasa Spesial, Inilah Resep Getuk Talas Manis dan Lembut

Baca juga: Talas Ungu Bisa Jadi Menu Sarapan, Lebih Berserat dari Kentang, Ini Manfaat dan Kandungannya

Suriati menyampaikan ubi talas di olah menjadi mie karena selama ini masyarakat khususnya anak-anak sangat menyukai panganan mie.

 Sajian mie talas akan bermanfaat bagi kesehatan anak apabila kemudian dalam pembuatannya bahan dasar mie berupa ubi talas dipadukan dengan sayuran.

“Perlu juga kita ketahui bahwa anak-anak selama ini seringkali sulit memakan sayuran. Kalau di Indonesia itu, pola makan sayur anak-anakk agak rendah karena mungkin berserat mereka susah mengunyah. Maka produk ini sepertinya bisa menawarkan alternative. Anak-anak itu selain mengkonsumsi kegemarannya terhadap mie juga dia mendapatkan nutrisi dari talas dan sayuran yang kita tambahkan” kata Suriati.

Ia memaparkan berdasarkan hasil penelitian, beberapa komponen talas yang sangat dominan adalah karbohidrat, dimana kandungan pati sekitar 70 sampai 80%.

Artinya mie berbahan ubi talas dengan campuran sayur dapat dijadikan sebagai makanan pengganti nasi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved