Breaking News:

Berita Tabanan

Desa Tegalmengkeb Tawarkan Keindahan Pantai Klecung, Terima SK Desa Wisata ditengah Pandemi

Desa Tegalmengkeb, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan akhirnya menerima SK Desa Wisata dari Bupati Tabanan, Sabtu 9 Oktober 2021.

Dok. Humas Pemkab Tabanan
Bupati Sanjaya saat menyerahkan SK Desa Wisata ke Desa Tegalmengkeb, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan, Sabtu 9 Oktober 2021 kemarin 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN– Desa Tegalmengkeb, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan akhirnya menerima SK Desa Wisata dari Bupati Tabanan, Sabtu 9 Oktober 2021.

Desa Tegalmengkeb menawarkan konsep wisata, yakni pariwisata kerakyatan.

Pantai Klecung dan kerajinan khas desa setempat menjadi andalannya. 

Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya sangat mengapresiasi atas terbentuknya desa wisata tersebut.

Menurutnya, di tengah pandemi, Desa Tegalmengkeb bisa menggagas terbentuknya Desa Wisata dengan konsep kerakyatan sehingga bisa menjadi terobosan dan patut menjadi contoh bagi desa lainnya di Tabanan.

Desa Wisata Tegalmengkeb juga dibangun berlandaskan Tri Hita Karana, bagaimana masyarakat harus memiliki hubungan yang baik dengan Tuhan, begitu juga hubungan yang harmonis antar masyarakat dan hubungan yang baik dengan alam lingkungan.

“Ketika alam lingkungan ini bisa dijaga oleh masyarakat, saya yakin desa Tegalmengkeb akan menjadi desa yang maju ke depan. Disamping desa ini juga memiliki potensi dan semangat juang masyarakat yang sangat luar biasa, dengan Pantai Klecung yang menghasilkan panorama untuk pariwisata, perikanan untuk ekonomi dan perdagangan, lengkap sekali,” ujar Sanjaya dalam sambutannya.

Rasa bangga disampaikan Sanjaya kepada seluruh pihak yang membantu terbentuknya Desa Wisata ini, sebagai perwujudan desa yang mandiri, dimana seluruh pembangunan yang dirancang, dibangun, dikelola oleh masyarakat hasilnya nanti akan kembali untuk masyarakat.

Baca juga: Bata Merah Style Bali Sudah Mulai Terpasang, GOR Debes Tabanan Direncanakan Selesai Akhir Tahun 2021

Baca juga: Mulai Dicairkan Besok, Siapa Saja Penerima Kuota Internet Gratis Kemendikbud?

Baca juga: UU HPP Baru Saja Disahkan, Berapa Penghasilan Pribadi yang Terkena Pajak di Aturan Terbaru?

“Tabanan ini memilki karakteristik masyarakat yang etos kerja dan gotong royongnya luar biasa. Kami di Tabanan sudah berkomitmen bagaimana kami membangun Tabanan bukan pariwisata yang sifatnya glamor, tapi pariwisata yang dibangun oleh masyarakatnya itu sendiri dan mandiri. Semua pembangunan yang dilakukan masarakat akan mampu memberikan manfaat kembali pada masyarakat. Dari kita oleh kita untuk kita,” ungkapnya.

(*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved