Breaking News:

Berita Badung

Sempat Anjlok, Bapenda Badung Harap Pembukaan Pariwisata Mancanegara Bisa Dongkrak Pendapatan Daerah

pendapatan Kabupaten Badung yang utama dari sektor Pajak Hotel dan Restoran (PHR) turun drastis di tengah pandemi covid-19

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Penumpang terlihat memakai masker saat tiba di Terminal Kedatangan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu (26/1/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA  -  Pembukaan Wisatawan Mancanegara (Wisman) ke Bali kini menjadi angin segar.

Bahkan dengan adanya pembukaan wisman diharapkan mampu menunjang pendapatan kabupaten Badung.

Sejauh ini, pendapatan Kabupaten Badung yang utama dari sektor Pajak Hotel dan Restoran (PHR) turun drastis di tengah pandemi covid-19.

Sehingga Badan Pendapatan Daerah  (Bapenda) dan Pesedahan  Kabupaten Badung menyambut baik  rencana pembukaan border internasional pada 14 Oktober 2021 mendatang.

Baca juga: Alih Fungsi Lahan di Badung Dapat Ditekan dengan Awig-awig Subak

Kepala Bapenda Badung I Made Sutama saat dikonfirmasi  Minggu, 10 Oktober 2021 mengatakan dengan dibukanya wisman diharapkan mampu meningkatkan pendapatan Badung

"Kami menyambut baik rencana pembukaan penerbangan internasional langsung ke Bali, mudah -mudahan dapat mendatangkan wisatawan asing untuk berlibur ke Bali," ujarnya.

Birokrat asal Desa Pecatu, Kuta Selatan itu menyebutkan jika kebijakan yang diambil pemerintah pusat ini, menurutnya sangat baik, mengingat pelaku pariwisata yang hampir selama 2 tahun mati suri akibat pandemi Covid-19.

Sontak pendapatan dan perputaran ekonomi pun mengalami kelumpuhan, sehingga diharapkan pariwisata bisa kembali menggeliat.

"Kita akui karena pandemi ini, pendapatan Kabupaten Badung terjun bebas. Apalagi Badung selama ini mengandalkan pendapatan dari pariwisata," jelasnya

Terkait pendapatan daerah, meski tidak mungkin bisa cepat pulih seperti sebelum pandemi, pembukaan border internasional membawa harapan dan optimisme untuk peningkatan pendapatan daerah dari PHR.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved