Breaking News:

Pemerintah Tak Segan Lakukan Penutupan Sementara Pariwisata Bali Jika Ada Lonjakan Kasus Covid-19

Pemerintah berencana akan kembali membuka penerbangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada 14 Oktober 2021 mendatang

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Karsiani Putri
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
tangkap layar Weekly Press Briefing bersama Menparekraf Sandiaga Uno yang digelar secara hybrid dari Yogyakarta. 

TRIBUN-BALI.COM, YOGYAKARTA - Pemerintah berencana akan kembali membuka penerbangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada 14 Oktober 2021 mendatang dengan sistem uji coba.

Dengan dibukanya kembali penerbangan internasional, Pulau Dewata dapat menerima kunjungan dari wisatawan mancanegara.

"Pembukaan destinasi wisata Bali untuk kunjungan wisatawan mancanegara (wisman, red) akan dilakukan dengan hati-hati dan secara bertahap," ujar Menparekraf, Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing, Senin 11 Oktober 2021 di Pawon Purba Desa Wisata Nglanggeran Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi DI Yogyakarta.

Sandiaga Uno menambahkan pembukaan diawali dengan uji coba dengan konsep bertahap, bertingkat, dan berkelanjutan dalam bingkai ‘gas dan rem’ atau sandbox dengan adaptasi kebijakan berbasis data.

Dan jika terjadi lonjakan kasus Covid-19 pasca dibukanya Bali untuk kunjungan wisman, pihaknya tidak segan-segan akan menutup sementara.

"Dengan kebijakan tersebut, jika terjadi peningkatan kasus, pemerintah tidak akan segan untuk melakukan penutupan sementara. Tidak hanya untuk wisman, tapi juga wisnus," tegas Menparekraf Sandiaga Uno.

Karenanya langkah-langkah yang dijalankan pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19 terus ditingkatkan, seperti tingkat vaksinasi yang terus dikejar.

Serta yang tidak kalah penting adalah penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

Kemenparekraf juga akan terus meningkatkan kesiapkan industri dan pelaku dengan sertifikasi CHSE dan re-skilling dan up-skilling SDM pariwisata dan ekonomi kreatif.

Lalu bagaimana mengenai aturan visa bagi wisman yang akan diberlakukan pada 14 Oktober 2021 mendatang?

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved