Breaking News:

PON XX Papua

Tembus Babak Final, Pebulu tangkis Bali Komang Ayu Dewi Cetak Sejarah

Lolosnya Komang Ayu ke babak final tidak hanya memastikan minimal raihan medali perak untuk Bali, tetapi juga menjadi sejarah baru

Editor: DionDBPutra
ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI
Pebulu tangkis putri Bali Komang Ayu Cahya Dewi berusaha mengembalikan kok ke arah pebulu tangkis putri Jawa Timur Sri Fatmawati pada laga semifinal beregu putri PON Papua di GOR Waringin Kotaraja, Kota Jayapura, Jumat 8 Oktober 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, JAYAPURA - Pebulu tangkis asal Bali Komang Ayu Cahya Dewi mencatatkan sejarah setelah memastikan diri menembus babak final nomor tunggal putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Komang Ayu Dewi yang datang sebagai unggulan keenam itu lolos ke final berkat kemenangannya atas unggulan kedua dari Jawa Timur Sri Fatmawati 15-21, 21-15, 21-17 di GOR Waringin Jayapura, Selasa 12 Oktober 2021.

Lolosnya Komang Ayu ke babak final tidak hanya memastikan minimal raihan medali perak untuk Bali, tetapi juga menjadi sejarah baru dalam persaingan nomor tunggal putri di ajang PON.

Baca juga: Aceh Singkirkan Jawa Timur di Babak Semifinal Sepak bola Putra PON Papua

Baca juga: UPDATE KLASEMEN Sementara PON XX Papua, Jabar Kokoh di Puncak, Bali Cetak Rekor

Setidaknya dalam empat edisi sebelumnya, bulu tangkis tunggal putri selalu didominasi empat provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan juara bertahan DKI Jakarta.

Namun, Komang Ayu Dewi datang dan meruntuhkan dominasi tersebut di PON Papua.

DKI Jakarta yang selalu membawa pulang medali emas nomor tunggal putri dalam empat edisi PON ke belakang justru gagal meloloskan satu pun wakilnya ke babak final.

Unggulan teratas Ruseli Hartawan yang menjadi tumpuan utama DKI Jakarta dalam meraih emas tunggal putri, takluk di tangan wakil tuan rumah Gabriela Meilani Moningka pada semifinal.

Komang Ayu Dewi yang kini berusia 19 tahun itu mengatakan dirinya memang bertekad untuk menciptakan sejarah di PON Papua.

"Motivasi terbesar saya bisa sampai titik ini karena saya ingin menciptakan sejarah dari Bali ada yang juara bulu tangkis PON,” kata Komang yang juga penghuni Pelatnas Cipayung itu.

Pada final yang akan berlangsung Rabu 13 Oktober 2021, Komang Ayu Dewi akan ditantang wakil Jawa Barat yang menempati unggulan keempat Saifi Riska Nurhidayah.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved