Breaking News:

Bali

Personel ATC Bandara Ngurah Rai Siap Sambut Pembukaan Penerbangan Internasional

Mulai besok, rencananya penerbangan komersial internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada 14 Oktober 2021 akan dibuka. 

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Harun Ar Rasyid
(Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin)
GM AirNav Indonesia Cabang Denpasar saat meninjau kesiapan personel ATC jelang pembukaan penerbangan internasional besok. 

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Mulai besok, rencananya penerbangan komersial internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali pada 14 Oktober 2021 akan dibuka. 

AirNav Indonesia Cabang Denpasar menyediakan slot penerbangan bekerja sama dengan Angkasa Pura I dan Otoritas Bandara Wilayah 4 untuk pengaturan slot bagi penerbangan domestik maupun internasional.

"Untuk pengaturan slot nya kami mengikuti kebijakan dari Kantor Otoritas Bandara Wilayah 4 sebagai perwakilan Kementerian Perhubungan di Bali. Kesiapan personel dan sarana prasarana, prosedur dan fasilitas penerbangan telah kita siapkan," ujar General Manager AirNav Indonesia Cabang Denpasar, Riza Fahmi saat ditemui tribunbali.com, Rabu 13 Oktober 2021 di Tower ATC Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Untuk Sumber Daya Manusia (SDM) personel AirNav Indonesia Cabang Denpasar khususnya yang bertugas di Air Traffic Control (ATC) sudah kita siapkan melalui simulator untuk penanganan penerbangan, karena selama 1 tahun lebih ini aktivitas penerbangan cukup rendah.

Sehingga, untuk menghadapi tambahan slot penerbangan internasional kami perlu merecurrent dan melakukan simulasi-simulasi di lapangan agar teman-teman siap menghadapi penerbangan internasional yang mulai dibuka pada 14 Oktober 2021 besok.

Baca juga: Pengerjaan Interior Gedung BMB Butuh Anggaran Rp 1,5 M, Direncanakan Ada Ruangan untuk Bupati Bangli

"Simulasi sudah kita lakukan melalui CBT atau computer base training dalam satu ruangan, setiap hari 6 sampai 7 orang kita latih secara bergantian ada shift nya. Dan ada SOP-SOP yang kita training kan untuk merecurrent teman-teman tentang bagaimana teman-teman menghandle penerbangan internasional," imbuh Riza Fahmi.

Meskipun tidak melayani penerbangan internasional kita tetap melakukan recurrent kepada seluruh personel karena lesson Air Traffic Control sendiri minimal 30 jam pemanduan harus dicapai dalam satu bulan.

Sehingga walaupun teman-teman libur tetap harus meluangkan waktu untuk recurrent lesson.

Disinggung untuk penerbangan komersial internasional terjadwal besok 14 Oktober 2021, Riza Fahmi menyampaikan belum ada permintaan slot time.

"Untuk jadwal besok sampai dengan tadi pagi belum menerima, namun demikian semuanya kita serahkan kepada Otoritas Bandara Wilayah 4 untuk mengatur penerbangan internasional nya. Secara teknis kami di Air Traffic Control siap, baik personel, peralatan, prosedur sudah kita siapkan," jelasnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved