Breaking News:

Berita Bali

Hari Ini Penerbangan Internasional ke Bali Dibuka, Proses Karantina Tak Ditanggung Pemerintah

Wisman yang datang ke Bali harus membiayai karantina sendiri dengan menyiapkan asuransi senilai Rp 1 miliar.

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Suasana kegiatan simulasi pelayanan penerbangan internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Sabtu 9 Oktober 2021. 

TRIBUN-BALI.COM – Pemerintah Indonesia resmi membuka pintu kedatangan wisatawan mancanegara ke Bali mulai hari ini, Kamis 14 Oktober 2021.

Tidak hanya Bali, pemerintah juga membuka kesempatan bagi wisman untuk berkunjung ke Kepulauan Riau (Kepri).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Wisman yang hendak berkunjung ke Bali dan Kepulauan Riau harus memenuhi beberapa syarat yang telah ditetapkan.

Selain itu, wisman juga diwajibkan memenuhi satu syarat, yakni memiliki asuransi kesehatan dengan nilai pertanggungan minimal setara Rp 1 miliar.

Asuransi tersebut harus mencakup pembiayaan penangan Covid-19.

Sementara syarat lainnya yang harus diperhatikan bagi wisman adalah melampirkan bukti sudah melakukan vaksinasi 2 kali dengan waktu minimal 14 hari sebelum keberangkatan yang dibuat dalam Bahasa Inggris serta memiliki hasil RT-PCR negatif dalam kurun waktu 3x24 jam.

Lebih lanjut, Menko Manves menyampaikan, pemerintah mengizinkan 19 negara berkunjung ke Bali dan Kepri.

Baca juga: Sekda Badung Adi Arnawa Terima Audiensi PLN UP3 Bali Selatan

Namun, 19 negara tersebut harus sesuai dengan Badan Kesehatan Dunia (WHO) dengan angka kasus terkonfirmasi Covid-19 berada level 1 dan 2.

"Sesuai arahan Presiden RI, kami memberikan izin kepada 19 negara untuk bisa melakukan perjalanan menuju Bali dan Kepulauan Riau," ujarnya melalui keterangan tertulis, dikutip dari Kompas.com pada Kamis, 14 Oktober 2021.

Karantina

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved