Breaking News:

Kesehatan

Akademisi Unpad Sebut Olahraga yang Terukur & Terprogram Bisa Tingkatkan Kebahagiaan

Selain menerapkan pola hidup sehat, berolahraga juga sangat penting. Apalagi olahraga lari atau jalan santai yang tidak membutuhkan biaya

pixabay.com
Ilustrasi - Akademisi Unpad Sebut Olahraga yang Terukur & Terprogram Bisa Tingkatkan Kebahagiaan 

TRIBUN-BALI.COM - Memiliki tubuh sehat menjadi keinginan setiap orang. Apalagi di masa pandemi Covid-19. Maka, seseorang harus bisa menjaga kesehatan tubuhnya.

Selain menerapkan pola hidup sehat, berolahraga juga sangat penting. Apalagi olahraga lari atau jalan santai yang tidak membutuhkan biaya.

Bahkan menurut Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran (Unpad), Dr. Nita Fitria, S.Kp., M.Kes., AIFO, olahraga harus terukur.

Dikatakan, masyarakat masih banyak yang belum paham bahwa untuk mendapatkan hasil optimal, olahraga harus terukur dan terprogram.

Baca juga: PS Jembrana Ditahan Imbang FSK Klungkung, Pelatih akan Lakukan Evaluasi

"Seperti obat, ada dosis, semuanya harus terukur dan terprogram, begitu juga dengan olahraga," ujarnya seperti dikutip dari laman Unpad.

Terapkan formula FITT

Menurutnya, penting menerapkan formula FITT dalam olahraga, yaitu memperhatikan frekuensi, intensitas, tipe, dan waktu (frequency, intensity, type, & time). Semuanya bergantung pada usia dan kebutuhan.

"Jangan sampai overdosis," kata dosen di Ilmu Keperawatan Dasar Unpad ini.

Selain sehat secara fisik, olahraga juga dinilai dapat meningkatkan kesehatan psikis. Olahraga dapat mengeluarkan hormon endorfin yang dapat meningkatkan kebahagiaan.

Dr. Nita memiliki satu penelitian mengenai pengaruh Senam Jantung Sehat Seri-1 terhadap kebugaran jasmani pada lansia depresi tingkat ringan dan sedang.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved