Breaking News:

Polisi Australia Sita Paket Heroin Terbesar dalam Sejarah, Nilainya Rp 1,4 Triliun

Polisi menyita 1.290 paket heroin lengkap dengan merek merahnya dan beratnya mencapai 450 kilogram dari Malaysia.

Editor: Bambang Wiyono
AUSTRALIAN FEDERAL POLICE via BBC via kompas.com
Paket heroin yang berhasil disita kepolisian Australia. Polisi Australia berhasil menyita pengiriman heroin terbesar yang pernah tercatat di negara tersebut dengan nilai sekitar 140 juta dollar Australia (Rp 1,4 triliun) pada September. 

TRIBUN-BALI.COM, MELBOURNE – Polisi Australia panen tangkapan Narkoba yang tercatat terbesar di negara tersebut.  

Polisi menyita paket heroin dengan nilai sekitar 140 juta dollar Australia (Rp 1,4 triliun).

Penyitaan tersebut dilakukan di Port of Melbourne, pelabuhan terbesar di Australia, pada 29 September.

Melansir BBC, Minggu (17/10/2021), polisi menyita 1.290 paket heroin lengkap dengan merek merahnya dan beratnya mencapai 450 kilogram.

Paket narkoba tersebut ditemukan dalam kontainer yang berisi keramik. Kepolisian Australia menambahkan, mereka juga menangkap seorang pria Malaysia.

Pria tersebut kemudian ditahan dan bisa menghadapi hukuman penjara hingga seumur hidup.

Pengiriman tersebut berasal dari Malaysia dan ditujukan untuk sebuah bisnis yang berlokasi di Melbourne. Beberapa lokasi kemudian digerebek.

Plt Asisten Komisaris Krissy Barrett dari Polisi Federal Australia mengatakan, temuan itu terjadi berkat kerja sama yang erat antar-polisi di komunitas internasional.

“Kami memiliki hubungan yang kuat dengan Polisi Diraja Malaysia (PDRM) dan khususnya Departemen Reserse Kriminal Narkotika PDRM,” kata Barrett.

“Kami terus bekerja sama dalam mengidentifikasi sindikat kejahatan terorganisir transnasional yang berusaha merugikan kedua negara dan menghasilkan jutaan dollar keuntungan dari kegiatan kriminal,” imbuh Barrett.

Dia menambahkan, adanya penyitaan paket heroin itu paling tidak menyelamatkan satu nyawa akibat setiap dua kilogram obat-obatan terlarang.

“Penting untuk dicatat bahwa selain penangkapan yang dilakukan, hasil utama dari operasi ini adalah menyelamatkan sekitar 225 nyawa,” tutur Barrett.

Pada 2019, pihak berwenang Australia juga berhasil menyita paket sabu-sabu raksasa yang nilainya mencapai 1,2 miliar dollar Australia (Rp 12 triliun).

Obat-obatan terlarang itu disembunyikan di dalam speaker stereo di pelabuhan Melbourne. Sekitar 37 kilogram heroin juga ditemukan dalam penggerebekan itu.

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul https://www.kompas.com/global/read/2021/10/18/071852970/polisi-australia-sita-paket-heroin-terbesar-nilainya-rp-14-triliun

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved