Breaking News:

Berita Karangasem

Tagana Dinsos Karangasem Bangun Dapur Umum untuk Relawan, Sediakan Makanan Tiga Kali Sehari

Ditambahkan, jumlah relawan yang membantu warga terdampak sekitar 300 orang. Mulai dari relawan organisasi kepemudaan, hingga relawan pemerintahan

Penulis: Saiful Rohim | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/Saiful Rohim
Petugas TAGANA Dinas Sosial sedang memasakkan relawan yang membantu warga terdampak gempa, Selasa (19/10/2021) siang hari. 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Kabupaten Karangasem membentuk dapur umum untuk membuatkan makanan untuk relawan yang  membantu  masyarakat  terdampak gempa berkekuatan 4.8 SR di Desa Ban, Kecamatan Kubu. Dapur umum dibangun, Senin (18/10/2021) pukul 10.00 wita.

Koordinator Tagana Dinas Sosial Karangasem, I Gede Putrayasa, mengaku dapur umum dibangun untuk mempermudah relawan usai membantu warga yang terdampak gempa. Seperti membangunkan tenda, mendistribusikan logistik, hingga mebersihkan puing - puing reruntuhan di rumah  masyarakaat.

"Kita bangun dapur umum untuk permudah relawan. Mengingat medan di lokasi agak sulit. Jalannya terjal dan menanjak. Sinyal susah sekali. Makanya relawan sementara dimasakkan,"kata Gede Putrayasa, Selasa (19/10/2021).

Ditambahkan, jumlah relawan yang membantu warga terdampak sekitar 300 orang. Mulai dari relawan organisasi kepemudaan, hingga relawan pemerintahan.

Baca juga: Mensos Kunjungi Korban Gempa di Karangasem, Akan Diusulkan Bantuan untuk Perbaikan Bangunan Rusak

Untuk relawan diberikan 3 kali makan dalam sehari. Siang, sore, hingga malam hari. Proses untuk memasak berjalan lancar, tak ada hambatan

"Satu hari tiga kali  makan. Sekali makan kita habiskan 45 kilogram untuk 300 relawan. Kalau tiga kali berarti 45 kilogram dikali 3. Berarti tiap harinya kita masak 135 kilogram setiap haringa," tambah Putrayasa, sapaan akrab.

Sedangkan untuk warga sementara masak sendiri sesuai keinginan.

Mengingat jarak antara rumah warga dan posko relawan cukup jauh, dan medannya terjal menanjak.

Rata - rata rumah warga berada di atas berbukitan dan menyebar. Ditambah lagi infrastruktur jalan yang belum dihotmik.

"Untuk warga yang terdampak sudah diberikan pasokan  beras serta minuman oleh petugas,"imbuhnya.

Petugas TAGANA yang membuat makanan untuk ralawan dibagi shift – shift an. Sampai hari ini proses memasak berjalan lancar. Para relawan bersyukur dengan adanya dapur umum.(*)

Artikel lainnya di Berita Karangasem

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved