Breaking News:

Berita Bali

Terkait Syarat Penerbangan Jawa-Bali, Pihak Bandara Ngurah Rai Sebut Masih Bisa Pakai Rapid Antigen

Dimana dalam sejumlah butir dalam aturan tersebut disebutkan bahwa syarat pelaku perjalanan domestik yang menggunakan pesawat udara wajib menunjukkan

Dok. PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali
Suasana di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Pada tanggal 18 Oktober 2021 telah terbit Instruksi Mendagri Nomor 53 Tahun 2021 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali. 

Dimana dalam sejumlah butir dalam aturan tersebut disebutkan bahwa syarat pelaku perjalanan domestik yang menggunakan pesawat udara wajib menunjukkan PCR (H-2) untuk daerah PPKM Level 3, 2 dan 1 di wilayah Jawa-Bali. 

"Sehubungan dengan hal tersebut, perlu kami sampaikan bahwa selama ini syarat perjalanan penumpang dalam negeri dan internasional selalu merujuk pada Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19," ujar Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati dalam keterangannya, Selasa (19 Oktober 2021).

Oleh karenanya, saat ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah berkoordinasi dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 agar dapat diterbitkan Surat Edaran Satgas yang mengakomodir ketentuan baru tersebut.  

Baca juga: Info Penerbangan: Tes Antigen Tak Berlaku Lagi, Penumpang Wajib Tes PCR

"Hingga saat ini Kemenhub masih merujuk pada SE Satgas Nomor 17 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19," tegas Adita.

Jika ada ketentuan yang baru, kami akan mengumumkan secara resmi kepada masyarakat dan akan memberi waktu kepada operator penerbangan dan bandara untuk menyesuaikan dengan ketentuan tersebut.

PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali menyampaikan bahwa syarat Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) dimasa perpanjangan PPKM Level 2 di Bali masih sama.

"Kami masih memberlakukan regulasi yang sama, kami menunggu apabila akan ada regulasi yang baru," ujar Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira.

Hingga saat ini pihaknya masih memberlakukan aturan yang sama, belum ada perubahan.

"Masih sama belum berubah, kita sambil menunggu jika ada perubahan persyaratan saat ini masih memberlakukan aturan sebelumnya," tegasnya.

Dimana persyaratan perjalanan tetap masih dari aturan sebelumnya, yakni untuk pelaku perjalanan udara harus melakukan tes RT-PCR 2x24 jam bagi penumpang yang baru vaksin tahap pertama, mengisi e-HAC dan anak usia di bawah 12 tahun dibatasi untuk sementara.

Pelaku perjalanan udara dapat melakukan tes Rapid Antigen 1x24 jam tetapi dengan catatan sudah vaksin lengkap atau vaksinasi Covid-19 nya sudah dua kali dosis, mengisi e-HAC.(*)

Artikel lainnya di Berita Bali

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved