Breaking News:

Berita Klungkung

Penyaluran Bansos Kemensos Terkendala pada Bank, Klungkung Ganti Bank Himbara Penyalur

Hal ini terungkap setelah Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini menyebut banyaknya dana bantuan sosial (Bansos) di Bali belum tersalurkan

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Warga saat mengurus kartu keluarga sejahtera di Kantor Dinsos Klungkung untuk penyaluran bansos. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Klungkung menjadi salah satu kabupaten di Bali yang belum maksimal dalam menyalurkan bantuan sosial dari pemerintah pusat.

Hal ini terungkap setelah Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini menyebut banyaknya dana bantuan sosial (Bansos) di Bali belum tersalurkan.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Klungkung, I Gusti Agung Putra Mahajaya menjelaskan, penyaluran bantuan sosial di Klungkung terkendala dari bank himbara (Himpunan Bank-bank milik Negara) sebagai penyalur bansos. Bukanlah dari kelambatan aparatur  di daerah.

Khususnya di Klungkung, bank yang ditunjuk menyalurkan bansos yakni Bank BTN.

Baca juga: Nyepi Segara, Pesisir Pantai di Kusamba Klungkung Dijaga Pecalang

Hanya saja Bank BTN ini tidak ada di Klungkung, dan yang terdekat ada di Kabupaten Gianyar.

"Yang belum terealiasi ini rata-rata berada di Nusa Penida. Secara geografis lokasi mereka jauh dan harus menyeberang ke Bali daratan.

Jika mereka ke Bali daratan, otomatis ada lagi biaya-biaya mulai dari tiket, kendaraan didarat dan tidak bisa sendiri juga terlebih mereka yang orang tua,”ujar Putra Mahajaya.

Masalah ini pun sudah disampaikan ke Menteri Sosial Tri Rismaharimi.

Solusinya menteri langsung menunjuk Bank BRI untuk menyalurkan bansos pada tahun 2022. Sehingga tidak ada permasalahan lagi.

“Sisanya yang belum terealisasi, akan langsung diberikan uang tunai oleh pihak bank Himbara sesuai perintah Ibu Menteri.

Sehingga untuk Juli-September, bisa tuntas minggu ini, mungkin Jumat ini ke Nusa Penida dibagikan oleh pihak bank, kami hanya memfasilitasi saja ” katanya. (*)

Artikel lainnya di Berita Klungkung

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved