Breaking News:

Berita Jembrana

Populasinya Dikontrol, Ratusan Ekor HPR di Jembrana Jalani Kastrasi hingga Ovariohisterectomi

Kegiatan ini dilakukan oleh Keswan Kesmavet Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana, bekerjasama dengan BAWA Bali dan Ikatan Dokter Hewan Jembrana

Tribun Bali/I Made Ardhiangga Ismayana
Proses Kastrasi dan Ovariohisterectomi di Balai Banjar Peh, Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Jembrana, Kamis 28 Oktober 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, NEGARA - Ratusan ekor Hewan Penular Rabies (HPR) di Banjar Peh Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Jembrana, Bali diberikan layanan untuk vaksinasi dan pengontrolan populasi.

Mulai dari kegiatan Kastrasi, Ovariohisterectomi dan Vaksinasi, Kamis 28 Oktober 2021.

Kegiatan ini dilakukan oleh Keswan Kesmavet Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana, bekerjasama dengan BAWA Bali dan Ikatan Dokter Hewan Jembrana.

Dari data yang berhasil dikumpulkan, untuk hasil sterilisasi di Banjar Peh Desa Kaliakah 50 ekor HPR menjalani kastrasi 37 ekor ovariohisterectomi 13 ekor. Sedangkan untuk vaksinasi rabies 75 ekor HPR.

Baca juga: Keswan Kesmavet Akan Gelar Kontrol Populasi dan Vaksinasi Rabies di Banjar Peh Jembrana

Kabid Keswan Kesmavet Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana, I Wayan Widarsa mengatakan, bahwa kegiatan ini dilakukan seiring dengan adanya tiga kasus gigitan anjing di Banjar Peh dan Banjar sekitarnya.

Karena itu, perlu dilakukan pengontrolan populasi dan juga vaksinasi.

Dimana di lingkungan sekitar Banjar Peh juga berdiri TPA (Tempat Pembuangan Akhir), yang menjadi habitat HPR mencari makanan.

Untuk itu, perlu dilakukan kegiatan tersebut supaya menekan angka penyebaran penyakit.

“Kami lakukan upaya untuk menekan angka penyebaran karena melihat adanya kasus sebelumnya. Dimana ada tiga kasus yang terjadi,” ucapnya, Kamis 28 Oktober 2021.

Menurut dia, untuk angka kasus dari tahun lalu dibanding tahun 2021 ini, mengalami pengingkatan cukup signifikan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved