Breaking News:

Berita Gianyar

Kapolres Gianyar Luncurkan Terobosan 'Kring Polri', Percepat Penyelesaian Masalah di Masyarakat

Dalam rangka menekan permasalahan di masyarakat agar tidak meluas, Kapolres Gianyar, AKBP Made Bayu Sutha mengeluarkan terobosan 'Kring Polri Polres

Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta
Sosialisasi Kring Polri di Aula Polsek Ubud, Sabtu 30 Oktober 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Dalam rangka menekan permasalahan di masyarakat agar tidak meluas, Kapolres Gianyar, AKBP Made Bayu Sutha mengeluarkan terobosan 'Kring Polri Polres Gianyar'.

Dalam penerapannya di lapangan, jajaran kepolisian Polres Gianyar akan selalu mendampingi Bhabinkamtibmas ketika ada permasalahan di wilayah banjar, desa adat an desa dinas se Kabupaten Gianyar. 

Pantauan Tribun Bali, Minggu 31 Oktober 2021, terobosan tersebut telah disosialisasikan ke polsek-polsek.

Satu di antaranya di Polsek Ubud.

Baca juga: Sebuah Gudang di Sukawati Gianyar Terbakar, Kapolsek Sukawati: Ini Ketiga Kalinya

Di mana, Kapolsek Ubud, AKP I Made Tama mengatakan, pihaknya telah mensosialisasikan terobosan kreatif Polres Gianyar tersebut kepada seluruh anggota Polsek Ubud bertempat di Aula Polsek Ubud, Sabtu 30 Oktober 2021.

Kata dia, kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya mempercepat mewujudkan terobosan kreatif Kapolres Gianyar, sehingga dalam implementasi di lapangan, anggota memahami tugas serta tujuan dari program ini dan langsung dirasakan oleh masyarakat. 

Adapun landasan dari Kring Polri Polres Gianyar ini, kata AKP Tama, adalah sebuah konsep menempatkan seluruh anggota Polri dari semua fungsi yang ada di polsek setempat di setiap Desa. 

Baca juga: Sidak Masker, Tim Gabungan di Gianyar Temukan Masker Usang Tak Pernah Diganti

"Berdasarkan hal tersebut, Polsek Ubud dalam hal ini Kecamatan Ubud yang terdiri dari 8 Desa, mendapat 11 personil setiap Desa, yang berperan untuk membantu tugas Bhabinkamtibmas dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat," ujarnya.

Selain itu, kata dia, personel Polri yang ditunjuk dalam Kring Polri ini juga melaksanakan pendampingan terhadap prajuru adat dan dinas, sebagai mata dan telinga pimpinan untuk menyerap informasi di masyarakat berkaitan dengan situasi yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas. 

"Sebagai upaya early detection dan early warning, bersama-sama dengan Bhabinkamtibmas dan aparat desa, tokoh adat, tokoh masyarakat dan aparat lainnya melakukan upaya problem solving terhadap permasalahan sosial yang sudah terjadi dengan harapan setiap permasalahan sesegera mungkin dapat diselesaikan," ujarnya.

Baca juga: Gianyar Bakal Punya Mall Kalangan Kelas Atas, Pakai Lahan Eks Hardys

AKP Tama menambahkan, kegiatan Kring Polri ini dilakukan oleh personel polsek yang ditunjuk di sela -sela waktu senggang, namun tidak mengganggu jam dinas serta tidak mengganggu tugas pokok Polri yang bersangkutan.

"Diharapkan dengan adanya Program Kapolres Gianyar yang bertajuk Kring Polri ini, dapat meningkatkan komunikasi antara Polri dan masyarakat, serta menumbuhkan kesadaran dan peran aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan sehingga tercipta situasi Kamtibmas yang kondusif," tandasnya. (*) 

Berita lainnya di Berita Gianyar

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved