Breaking News:

Berita Tabanan

Banjir Jadi Ancaman di Kabupaten Tabanan, Dua Hari Diguyur Hujan Sebabkan Belasan Bencana Alam

Hujan deras yang terjadi lebih dari 3 jam lamanya ini mengakibatkan sejumlah bencana alam seperti pohon tumbang, tanah longsor, hingga banjir

BPBD Tabanan
Salah satu peristiwa pohon tumbang menimpa rumah di Tabanan, Senin 1 November 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Cuaca buruk atau hujan dengan intensitas tinggi terjadi di Kabupaten Tabanan sejak Sabtu 30 Oktober 2021.

Hujan deras yang terjadi lebih dari 3 jam lamanya ini mengakibatkan sejumlah bencana alam seperti pohon tumbang, tanah longsor, hingga banjir.

Pihak BPBD Tabanan pun telah mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada saat terjadi cuaca buruk.

Selain itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan telah memetakan daerah rawan terdampak bencana alam atau pemetaan kajian risiko bencana di Kabupaten Tabanan.

Baca juga: 9 Incumbent Kalah di Pilkel Serentak Tabanan 2021, Polisi Awasi Ketat Penerapan Prokes

Ada 3 wilayah Kecamatan yang rawan terjadi tanah longsor saat musim hujan turun.

Masyarakat di 3 wilayah tersebut juga telah diberikan informasi serta imbauan untuk menghindari dari kemungkinan terjadi bencana alam tersebut.

Menurut data yang berhasil diperoleh dari BPBD Tabanan, ada sembilan potensi bencana yang kemungkinan bisa terjadi di kabupaten Tabanan, seperti banjir, banjir bandang, tsunami, gempa bumi, gelombang ekstrim, kekeringan, kebakaran hutan dan longsor.

Dari bagian tersebut, ada tiga kecamatan memiliki risiko tinggi bencana longsor yakni Baturiti, Penebel dan Pupuan. Sedangkan untuk rawan banjir dan banjir bandang, merata hampir di seluruh kecamatan.

"Nggih sesuai dengan prediksi dari yang disampaikan BMKG, cuaca buruk memang terjadi. Di Tabanan sejak dua hari lalu hujan deras terjadi sehingga mengakibatkan sejumlaj bencana seperti pohon tumbang, tanah longsor dan juga banjir," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Tabanan, I Nyoman Srinadha Giri saat dikonfirmasi, Senin 1 Nopember 2021.

Dia melanjutkan, sedikitnya ada belasan kejadian bencana alam yang dilaporkan akibat terjadinya hujan deras tersebut. Seperti diantaranya 5 kejadian tanah longsor, 6 kejadian pohon tumbang, serta banjir yang terjadi di sejumlah titik.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved