Breaking News:

Info Populer

Daftar Dokumen dan Cara Mendapatkan Izin Edar Produk Makanan dan Minuman

Produk makanan dan minuman harus memiliki izin edar agar memiliki jaminan keamanan produk sehingga semakin layak jual.

Editor: Noviana Windri
Logo BPOM 

TRIBUN-BALI.COM - Produk makanan dan minuman harus memiliki izin edar agar memiliki jaminan keamanan produk sehingga semakin layak jual.

Seluruh produk makanan, obat dan kosmetik yang ada di pasar Indonesia harus memenuhi standar dan persyaratan keamanan, khasiat, manfaat juga mutu produk.  

Di Indonesia, instansi yang berwenang mengeluarkan izin edar pangan sebagai tanda bahwa produk sudah lulus standar dan persyaratan pangan adalah Dinas Kesehatan dan Badan POM.

Melansir dari pom.go.id, izin edar merupakan hal wajib yang harus dimiliki oleh setiap produk pangan olahan yang beredar di Indonesia. Jadi sebagai produsen, baik skala besar atau rumahan, Anda wajib mengantongi izin edar selain juga mengantongi sertifikaf penyuluhan dan Sertifikat Produksi Pangan - Produksi Industri Rumah Tangga atau SPP-PIRT.

Keuntungan mengurus izin edar Melansir dari indonesia.go.id, banyak sekali keuntungan ketika produsen mengurus izin edar di Badan POM.

Baca juga: HATI-HATI, Ini Daftar 18 Kosmetik Mengandung Bahan Kimia Berbahaya Temuan BPOM

Baca juga: Biar Tidak Mencemari Lingkungan, Ini 5 Cara Membuang Obat yang Benar menurut BPOM

Baca juga: EUA Disetujui BPOM, Rusia Gandeng Fahrenheit Bangun Pabrik Vaksin Sputnik V di Indonesia

Jika ketika diteliti Badan POM ternyata produk makanan dan minuman yang ada belum lolos uji, maka produsen bisa segera memperbaiki produknya.

Beda jika produsen tak mengurus izin edar ke Badan POM dan langsung mengedarkan produknya, maka ketika produk diketahui tak layak edar apalagi mengandung bahan-bahan berbahaya produsen bisa langsung berurusan dengan pihak yang berwajib.

Selain itu, ketika Anda sudah memiliki izin edar, maka Anda memiliki jaminan bahwa produk layak jual dan layak konsumsi, sehingga bisa digunakan untuk meningkatkan branding.

Prosedur mengurus izin edar Untuk mengurus izin edar, ada beberapa langkah yang harus Anda lalui.

Pertama, siapkan terlebih dahulu contoh produk berikut dokumen-dokumen usaha yang nantinya diperlukan untuk proses verifikasi.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved