Breaking News:

Berita Buleleng

Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng Lirik Mata Air di Pura Taman Alit untuk Dimanfaatkan

dalam waktu dekat pihaknya akan mencoba berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali Penida, mengingat mata air tersebut sudah ditata oleh

Tribun Bali/Ratu Ayu Astri Desiani
Mata Air yang ada di kawasan Pura Taman Alit, Banyuasri 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng berencana akan memanfaatkan mata air yang ada di kawasan Pura Taman Alit, Kelurahan Banyuasri, Kecamatan/Kabupaten Buleleng untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang ada di wilayah perkotaan.

Dirut Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng, Made Lestariana dikonfirmasi Senin (8/11/2021) mengatakan, pihaknya telah mengukur debit air dari mata air yang ada di kawasan Pura Taman Alit. Dimana jumlahnya mencapai 30 liter per detik.

Mata air tersebut kata Lestariana selama ini tidak dimanfaatkan, sehingga terbuang percuma ke laut.

Untuk itu, dalam waktu dekat pihaknya akan mencoba berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali Penida, mengingat mata air tersebut sudah ditata oleh pihak BWS Bali Penida.

Baca juga: Jelang Galungan, Warung di Penatih Denpasar Ini Siapkan 1 Ton Dodol Khas Penglatan Buleleng

"Kami sedang menyusun bisnis plannya, untuk kemudian dikoordinasikan dengan pihak BWS, karena mata air itu sudah ada penataan oleh pihak BWS," ungkapnya.

Jika saja pihak BWS Bali Penida mengizinkan, maka pihaknya akan hanya akan menggunakan 10 liter per detik dari mata air tersebut.

Sementara sisanya tetap bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk keperluan melukat atau ritual membersihkan diri.

Mata air yang ada di wilayah Pura Taman Alit itu nantinya akan digunakan oleh pihaknya untuk memenuhi pelayanan kepada masyarakat di wilayah perkotaan, khususnya bagian barat seperti di Jalan Jalak Putih, Baktiseraga dan Panji.

"Daerah barat kota itu kan memang daerah berkembang, banyak perumahan.

Sehingga kalau pihak BWS mengizinkan kami untuk memanfaatkan sebagian dari mata air di Pura Taman Alit itu, maka pelayananya akan kami arahkan ke bagian barat kota," jelasnya. (*)

Artikel lainnya di Berita Buleleng

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved