Berita Bali

9 Tahun Buron Karena Kasus Korupsi, DPO Kejati Papua Berhasil Diamankan di Gianyar Bali

I Made Jabbon Suyasa Putra akhirnya berhasil diamankan, Jumat 12 November 2021 pukul 06.00 wita.

Penulis: Firizqi Irwan | Editor: Noviana Windri
Kejati Bali
I Made Jabbon Suyasa Putra, terpidana kasus korupsi yang buron selama 9 tahun akhirnya diamankan kembali oleh Tim Tabur Kejati Papua dan Kejati Bali. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ahmad Firizqi Irwan

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Setelah beberapa tahun dilakukan pencarian oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua, I Made Jabbon Suyasa Putra akhirnya berhasil diamankan, Jumat 12 November 2021 pukul 06.00 wita.

I Made Jabbon Suyasa Putra yang masuk daftar pencarian orang ( DPO) oleh Kejati Papua selam sembilan tahun.

Berhasil diamankan di tempat tinggalnya di Banjar Tengah Bon Biu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Bali.

Pengamanan terpidana kasus korupsi ini, dilakukan jajaran Kejaksaan dari Tim Tangkap Buron (Tabur) Kejati Papua bersama tim Tabur Kejati Bali dan Kejari Gianyar.

Menurut Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Hubungan Masyarakat (Kasi Penkum dan Humas) Kejati Bali, A Luga Harlianto dikonfirmasi terpisah membenarkan hal ini.

Baca juga: Buron 6 Tahun Kasus Narkotik Diamankan di Surabaya, NJ Dijebloskan ke LPP Kelas II A Kerobokan

Baca juga: Kelabui Warga Ngaku Oknum Polisi, Pelaku Kasus Pengeroyokan di Denpasar Masih Buron

Luga menyebut, I Made Jabbon Suyasa Putra dicari keberadaannya oleh Kejati Papua untuk melaksanakan putusan tingkat Kasasi Nomor 392 K/Pid.sus/2012 tanggal 27 Maret 2012 lalu.

"Sebelumnya terpidana I Made Jabbon ini sudah dilakukan penahanan sejak tahap penyidikan hingga tahap upaya hukum di tingkat banding.

Namun saat menunggu putusan kasasi, dia dikeluarkan demi hukum dikarenakan masa penahanannya telah habis," ujar A Luga Harlianto selaku Kasi Penkum dan Humas Kejati Bali, Jumat 12 November 2021.

Luga menerangkan lebih lanjut, sejak masa penahanan telah habis, Made Jabbon sudah tidak berada di domisili tempat tinggalnya di wilayah Kabupaten Keerom, Provinsi Papua sesuai berkas perkaranya.

Sehingga dalam hal itu, Made Jabbon tidak dapat dilakukan eksekusi pada saat putusan kasasi tersebut, baru beberapa bulan terakhir Kejati Papua mendapatkan informasi jika terpidana itu berada di wilayah Bali.

"Setelah dilakukan pemantauan intensif, antara Kejati Papua dan Kejati Bali. Diketahui Made Jabbon berada di kediamannya di wilayah Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali," terang Luga. 

Baca juga: Demo Rusuh, Presiden Mahasiswa IAIN Madura Jadi Tersangka dan Dijerat Pasal Berlapis, 3 Orang Buron

Baca juga: 3 WNA Rusia Lakukan Pemerasan Terhadap Pengusaha Asal Uzbekistan di Bali, 1 Tertangkap dan 2 Buron

Baru, pada Jumat 12 November 2021 pukul 06.00 wita, Tim Tabur Kejati Bali dan Kejati Papua mengamankan Made Jabbon dan kemudian terbangkan kembali ke Jayapura untuk melanjutkan putusan tingkat kasasi.

"Setelah diamankan, Made Jabbon diterbangkan kembali ke Papua untuk melanjutkan putusan tingkat kasasi disana," tambahnya.

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved