Breaking News:

Berita Bali

Bali Duduki Posisi Pertumbuhan Ekonomi Paling Kecil Pasca Penerapan PPKM Darurat

Menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Bali, Trisno Nugroho, menurunnya kinerja ekonomi di Bali terjadi pada triwulan III 2021. 

Istimewa
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Berkurangnya mobilitas masyarakat telah menekan kinerja perekonomian khususnya di Pulau Dewata.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Bali, Trisno Nugroho, menurunnya kinerja ekonomi di Bali terjadi pada triwulan III 2021. 

Kebijakan PPKM Darurat yang berlangsung pada, 1 Juli 2021 hingga 13 September 2021 kemarin menghentikan sektor pariwisata dan sektor terkait lainnya.

Akibatnya dari 17 lapangan usaha (LU), 11 di antaranya mengalami pertumbuhan negatif dengan pertumbuhan terendah terjadi pada LU Transportasi -16,03 persen (yoy) dan LU Akmamin -8,47 persen (yoy). 

Baca juga: Gubernur Koster Paparkan Konsep Ekonomi Kerthi Bali, Calon Dubes Tunisia Nyatakan Hal Ini

"Selanjutnya kontraksi juga terjadi pada LU Pertanian -0,18 persen (yoy) dan LU Perdagangan (-1,00 persen (yoy). LU Kontruksi secara tahunan juga tercatat tumbuh positif (0,84 persen (yoy)," kata dia pada, Senin (15 November 2021). 

Pada triwulan IV 2021 mendatang, pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan membaik sehubungan dengan kebijakan pelonggaran mobilitas di tengah semakin terkendalinya kasus Covid-19. 

Sebelumnya pada pertumbuhan ekonomi seluruh Provinsi triwulan III 2021 yang dirilis Bank Indonesia, Bali menempati posisi paling akhir.

Pada triwulan III 2021, perekonomian Bali terkontraksi -2,91 persen (year on year/yoy). Kinerja tersebut merupakan yang terendah dibanding provinsi lainnya di Indonesia, yang mana nomor dua terbawah, atau di atas Bali, ditempati Papua Barat dengan nilai 1,76 persen.

Baca juga: Dukungan Pemerintah pada Pertumbuhan Industri Otomotif Sebagai Simbol Kebangkitan Ekonomi Indonesia

Sedangkan posisi teratas ditempati Papua dengan pertumbuhan ekonomi setinggi 14,54 persen. Sementara itu secara triwulanan perekonomian Bali terkontraksi sebesar -4,08 persen. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved