Breaking News:

Menlu Sampaikan 3 Konteks Utama dalam Kegiatan International Conference on Digital Diplomacy di Bali

ICDD merupakan forum untuk mempromosikan dan memperluas pertukaran ide dan pengalaman, serta mencari peluang kerjasama di bidang diplomasi digital

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Menlu RI Retno Marsudi saat memberikan keynote speakers dan membuka resmi kegiatan ICDD 2021 secara virtual dari Bali. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI) menggelar kegiatan International Conference on Digital Diplomacy (ICDD), diadakan secara virtual dari Conrad Bali, Selasa (16 November 2021).

Menteri Luar Negeri (Menlu RI), Retno Lestari Priansari Marsudi membuka kegiatan ICDD secara daring serta menjadi keynote speaker, dimana 21 negara yang berpartisipasi dalam empat panel untuk berbicara masalah penggunaan siber untuk kepentingan bersama.

ICDD 2021 mengambil tema "Unmasking Digital Diplomacy in the New Normal".

ICDD merupakan forum untuk mempromosikan dan memperluas pertukaran ide dan pengalaman, serta mencari peluang kerjasama di bidang diplomasi digital antar negara di dunia.

Baca juga: Kasus Aktif Covid-19 di Eropa Meningkat, Menlu Retno Minta Indonesia Waspada

"Dunia kita hari ini berbeda dari dua tahun lalu ketika kita menyelenggarakan Konferensi dengan tema yang sama. Pandemi telah mengubah cara kita melakukan diplomasi dan memaksa kita untuk lebih mengandalkan teknologi," ujar Menlu Retno Marsudi dalam sambutannya.

Sejujurnya, kita semua telah menggunakan diplomasi digital untuk beberapa waktu meskipun sebagian besar sebagai sarana diplomasi publik.

Tetapi baru setelah pandemi melanda kita benar-benar merangkul diplomasi digital.

"Sekarang, para pemimpin dunia tidak perlu melakukan perjalanan untuk menghadiri pertemuan. Mereka dapat mengirim pidato yang telah direkam sebelumnya. atau menyampaikannya secara virtual," imbuh Menlu RI.

COVAX berhasil mengoordinasikan pengiriman hampir 450 juta dosis vaksin ke seluruh dunia tanpa menggunakan pertemuan fisik.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved