Breaking News:

Berita Bali

Sampah Kiriman Selalu Penuhi Pesisir Selatan Bali saat Musim Hujan, Ini Solusi dari Bappeda

pesisir pantai Bali biasanya selalu dibanjiri oleh sampah kiriman dari laut yang berasal dari berbagai kawasan yang ada di sekitar Bali

Penulis: Ragil Armando | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/Ragil Armando
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bali menggelar Focus Group Discusission (FGD) di ruang Cempaka Bappeda Bali, Denpasar, Kamis 18 November 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR  – Persoalan sampah terus menjadi permasalahan klasik Bali setiap mulai memasuki musim hujan.

Pasalnya, pesisir pantai Bali biasanya selalu dibanjiri oleh sampah kiriman dari laut yang berasal dari berbagai kawasan yang ada di sekitar Bali.

Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi hal tersebut, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Bali menggelar Focus Group Discussion (FGD) di ruang Cempaka Bappeda Bali, Denpasar, Kamis 18 November 2021.

FGD itu sendiri diikuti berbagai stakeholder terkait yang terdiri dari unsur mahasiswa, komunitas, hingga instansi terkait.

Baca juga: Akibat Kedapatan Buang Sampah Sembarangan, Saparwadi Kena Denda Tipiring Sebesar Rp300 Ribu

Yakni diantaranya dari Unud, Undiknas, Pokli Gubernur, DLHK Provinsi, DLHK Badung, Tras Hero, Lurah Kuta, TPS3R Seminyak, dan Bappeda.

Dalam FGD tersebut, Pejabat Fungsional Ahli Perencanaan Utama Bappeda Bali, Putu Astawa menyebut bahwa dalam menangani persoalan sampah tersebut diperlukan adanya solusi khususnya dalam jangka pendek untuk mengatasi hal tersebut.

Apalagi, berdasarkan kajian yang ada, sumber sampah yang ada di kawasan pesisir Bali itu berasal dari aliran arus Selat Bali yang membawa sampah dari luar maupun dari Bali sendiri.

“Masalah sampah musiman berdasarkan kajian ilmiah adalah konsekwensi mekanisme arus Selat Bali.

Sumber sampah yang bocor ke laut bersumber dari daratan Bali maupun luar Bali,” jelasnya.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Bali ini juga menyebut bahwa dalam waktu 30 sampai 40 hari ke depan diperkirakan bakal terjadi tumpukan sampah yang terdampar di pesisir selatan Bali.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved