Breaking News:

Berita Buleleng

Dinsos Buleleng Bagikan 80 Ekor Bibit Babi untuk Warga Miskin

Sebanyak 80 ekor bibit babi, diberikan kepada warga miskin yang tergabung dalam 8 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang ada di Buleleng.

Tribun Bali/Ratu Ayu Astri Desiani
Kepala Dinas Sosial Buleleng, I Putu Kariaman 

TRIBUN-BALI.COM, BULELENG - Sebanyak 80 ekor bibit babi, diberikan kepada warga miskin yang tergabung dalam 8 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang ada di Buleleng.

Bantuan ini diserahkan oleh Dinas Sosial Buleleng. 

Kepala Dinsos Buleleng, I Putu Kariaman Putra mengatakan, delapan KUBE itu sebelumnya mengajukan usulan kepada pihaknya untuk diberikan bantuan bibit babi.

Delapan kelompok itu yakni KUBE Mekar Sari Desa Lokapaksa, KUBE Bawi Karnadi Desa Bubunan, KUBE Sari Rahayau Desa Ringdikit, KUBE Banjar Asri Desa Banjar, KUBE Bakti Mandiri Desa Patas, KUBE Lestari Desa Sumberkima, KUBE Sari Amerya Desa Tinga-Tinga, serta KUBE Babi Rejeki Kelurahan Banjar Tegal. 

Baca juga: Serahkan Bantuan Alat Selam & Coral Garden, KKP Dukung Pengembangan Wisata Bahari di Lovina Buleleng

"Warga yang mengusulkan bantuan ini merupakan warga miskin. Dari delapan kelompok itu, masing-masing beranggotakan 10 orang."

"Delapan kelompok ini seluruhnya mengusulkan bantuan bibit babi. Sehingga usulan itu kami realisasikan, untuk membantu perekonomian mereka," jelas Kariaman. 

Kariaman menyebut, masing-masing kelompok diberi bantuan 10 bibit babi.

Sementara terkait pemeliharaannya, diserahkan kepada masing-masing kelompok.

Di mana, ada beberapa kelompok yang ingin menjalani proses penggemukan, sehingga bibit babi yang diberikan adalah bibit babi jantan.

Sementara ada pula beberapa kelompok yang ingin menjalani skema pembibitan, sehingga bibit babi yang diberikan adalah babi betina.  

Baca juga: Hujan Deras di Banyuning Buleleng: Garasi Jebol, Motor Dinas Luh Indrayani Hilang Terseret Arus

"Kalau skema penggemukan itu, jika bibit babi yang diberikan sudah besar, maka akan langsung dijual. Keuntungannya nanti bisa mereka gunakan untuk membeli bibit babi lagi."

"Kalau pembibitan, jika babi yang diberikan sudah beranak, maka sebagian akan diberikan untuk anggota kelompok lain sesuai kesepakatan," jelasnya. 

Dengan adanya bantuan ini, Kariaman pun berharap bibit babi yang diserahkan dikembangbiakan dengan baik, sehingga dapat memberikan dampak ekonomi yang baik untuk para penerimanya. (*)

Berita lainnya di Berita Buleleng

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved