Breaking News:

Berita Bali

Wisatawan Mancanegara Tak Kunjung Datang ke Pulau Dewata, IHGMA Bali: Kondisi Bali Sangat Terpuruk

Wisatawan Mancanegara Tak Kunjung Datang ke Pulau Dewata,IHGMA Bali: Kondisi Bali Sangat Terpuruk

Tribun Bali/Rizal Fanany
Ilustrasi suasana Pantai Kuta - Wisatawan Mancanegara Tak Kunjung Datang ke Pulau Dewata,IHGMA Bali: Kondisi Bali Sangat Terpuruk 

TRIBUN-BALI.COM - Jelang liburan akhir tahun, belum satu pun wisatawan mancanegara yang datang untuk berlibur di Pulau Dewata.

Padahal, dalam kondisi normal, Bali biasanya menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan untuk menghabiskan momen libur natal dan tahun baru (Nataru).

Penerbangan internasional di Bandara I Gusti Ngurah Rai yang sudah dibuka sejak sebulan lalu tampaknya tak begitu berdampak terhadap kedatangan wisman ke Bali.

Meski wisatawan domestik mulai berdatangan, ternyata pelaku pariwisata masih berharap agar wisatawan mancanegara segera bisa berlibur ke Bali.

Menyikapi hal terebut, Forum Bali Bangkit yang terdiri dari kumpulan 34 stakeholders pariwisata Bali menyurati Presiden RI Joko Widodo pada Jumat 19 November 2021.

Baca juga: Sebulan Penerbangan Internasional Dibuka, Tak Satupun Wisman Datang ke Bali, ASITA: Ada Apa?

Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Bali, Yoga Iswara salah satu anggota Forum Bali Bangkit menyebut surat terbuka ini merupakan langkah paling klimaks yang digunakan untuk menyampaikan bahwa keadaan Bali benar-benar sedang terancam perekonomiannya.

"Kami atas nama Forum Bali Bangkit terdapat 34 stakeholders pariwisata. Dalam hal ini kami sepakat untuk menyuarakan surat terbuka untuk bapak Presiden RI Joko Widodo. 

Selama dua tahun kita memahami bahwa kondisi Bali sangat terpuruk. Jadi kita diporakporandakan dengan pandemi Covid-19. Selama 2 tahun kita tidak diam dan bergerak melakukan segala kegiatan untuk bisa bangkit," ungkapnya.

Hampir dua tahun juga pihaknya telah memimpin komunikasi dengan pemerintah pusat dan daerah terkait permasalahan dalam pariwisata.

Pemerintah memang telah mengumumkan untuk open border. Namun setelah dilakukan evaluasi selama satu bulan, hasilnya nihil. Tak satu pun wisatawan mancanegara yang datang ke Bali.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved