Breaking News:

Berita Bali

Pemerintah Akan Bahas Kembali Aturan tentang Kekarantinaan bagi Wisman ke Bali

“Pemerintah akan membahas kembali aturan kekarantinaan, ketentuan penerbangan langsung, dan kebijakan visa agar lebih atraktif dan memiliki daya saing

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Menparekraf Sandiaga Uno 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM - Semenjak dibuka kembali setelah sebulan lebih, sejauh ini belum ada wisatawan mancanegara (Wisman) yang tiba di Bali dengan penerbangan langsung.

Menindaklanjuti hal tersebut, pemerintah terus mengevaluasi kebijakan yang telah dikeluarkan dan memantau situasi dari negara pasar potensial terutama Australia.

“Pemerintah akan membahas kembali aturan kekarantinaan, ketentuan penerbangan langsung, dan kebijakan visa agar lebih atraktif dan memiliki daya saing dengan negara tetangga,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing di Jakarta yang dilakukan secara hybrid, Senin (22 November 2021).

Sejumlah negara tetangga telah dan akan membuka pariwisata bagi wisatawan mancanegara secara bertahap.

Baca juga: Terapkan PPKM Level 3 Saat Libur Nataru, Menparekraf: Ini Hanya Bersifat Sementara

Thailand dan Kamboja membuka pariwisata untuk wisman tanpa karantina, sedangkan Langkawi (Malaysia) membuka pariwisata untuk wisman dengan karantina wilayah.

Sedangkan, Singapura memperluas negara yang bekerjasama secara Vaccinated Travel Lane (VTL) termasuk dengan Indonesia.

Sementara untuk Kepulauan Riau, hingga 12 November 2021 tercatat 159 pelaku perjalanan luar negeri masuk ke Kepulauan Riau yang seluruhnya melalui pintu Batam.

“Pemerintah pusat akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memastikan kepatuhan prokes di daerah berjalan dengan baik sehingga pembukaan pariwisata untuk wisman tidak menimbulkan lonjakan kasus yang signifikan dan tidak muncul varian baru,” imbuh Sandiaga Uno.

Permintaan dari Pasar India untuk wisatawan berkunjung ke Indonesia pada bulan November-Desember 2021 sebenarnya sudah cukup banyak.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved