Breaking News:

Berita Bali

80 Persen Pedagang Pasar Tradisional Kembali ke Lapak, Ketua IKAPPI Bali: Ekonomi Kembali Bangkit

Dari total keseluruhan pedagang pasar yang berjumlah sebanyak 27 ribu pedagang di Bali, diperkirakan sudah 80 persen pedagang yang kembali

Tribun Bali/Rizal Fanany
Pedagang menerapkan protokol kesehatan saat di kawasan Pasar Badung, Denpasar, Selasa 23 November 2021. Sebanyak 80 persen pedagang tradisional se-Bali kembali berjualan di pasar karena sudah menerapkan prokes dengan baik. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Pandemi Covid-19 memukul semua sektor perekonomian termasuk pada sektor perekonomian bertaraf kecil seperti pasar tradisional.

Namun tak berlama-lama terpuruk karena pandemi, kini kondisi pasar tradisional di Bali nampaknya sudah mendekati normal. 

Berdasarkan survei di lapangan, dari total keseluruhan pedagang pasar yang berjumlah sebanyak 27 ribu pedagang di Bali, diperkirakan sudah 80 persen pedagang yang kembali ke lapaknya masing-masing sejak pandemi Covid-19.

Ketika dikonfirmasi, Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Bali, Sudadi Murtadho mengatakan kini pasar sudah mulai ramai lagi. 

Baca juga: Pedagang Bermobil Kerap Diusir Satpol PP, Fraksi Golkar DPRD Bali Desak Gubernur Carikan Solusi

“Pasar sudah mulai ramai lagi, tidak seperti sebelum-sebelumnya seperti masa Covid-19 atau saat PPKM Level 4."

"Kebetulan saya baru habis turun ke Pasar Gianyar, dan kondisinya sudah mulai ramai. Begitu juga saat hari raya kemarin, yang ke pasar sudah mulai ramai,” jelasnya pada, Selasa 23 November 2021. 

Lebih lanjutnya ia memperkirakan, terisinya kembali lapak-lapak pasar, karena sejumlah pekerja pariwisata yang dirumahkan atau di-PHK, mulai melirik peluang berjualan di pasar tradisional. 

“Dari jumlah pedagang, dari lapak-lapak yang tersedia, kondisinya sudah mulai dipenuhi kembali oleh pedagang. Kan masa pandemi kemarin, susah juga untuk pedagang, jadi banyak yang meninggalkan lapak. Tapi berdasarkan survei sudah banyak yang isi,” tambahnya.

Baca juga: Terminal Galiran Jadi Tempat Inap Pedagang Bermobil, Klungkung Siapkan Perda untuk Tarik Retribusi

Namun ia tidak mengantongi rincian rata-rata kunjungan pasar, Sudadi mengklaim, transaksi sudah mulai ramai.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved