Breaking News:

Berita Bali

Basarnas Bali Kedatangan Audiensi dari Konjen Australia, Ini Tujuannya

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menerima kunjungan dari Konsulat Jenderal Australia

Istimewa/Basarnas Bali
Basarnas Bali Kedatangan Audiensi dari Konjen Australia, Ini Tujuannya 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menerima kunjungan dari Konsulat Jenderal Australia, Selasa 23 November 2021 siang.

Audiensi tersebut dalam rangka membangun koordinasi dan juga memahami prosedur kerja dalam pencarian dan pertolongan di Basarnas Bali.

Banyaknya wisatawan dari Australia yang banyak berlibur ke Bali, Anthea Griffin sebagai Konsul Jenderal Australia di Bali, NTB dan NTT merasa perlu menjalin hubungan baik dengan Basarnas Bali.

“Saya ingin mengetahui apabila ada kedaruratan bagaimana selanjutnya yang harus dilakukan," ujarnya.

Baca juga: Basarnas Bali Optimalkan Pencarian 9 ABK KM Liberty 1 yang Masih Hilang

Selanjutnya, ia menyempatkan diri melihat prasarana yang dimiliki Basarnas Bali dalam mendukung proses operasi SAR.

Di ruang command center, Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada, menjelaskan prosedur kerja setelah menerima laporan, dan juga menunjukkan bagaimana aplikasi marine traffic bisa memantau kapal-kapal yang melintas di perairan seputar Bali.

Pada kesempatan itu, Gede Darmada mengungkapkan bahwa hubungan kerjasama antara SAR Indonesia (Basarnas) dengan Australian Maritime Safety Authority (AMSA) sudah berjalan baik.

Kerja sama yang telah berjalan berkelanjutan diantaranya melalui pelatihan SAR bersama (Ausindo) dan juga pertukaran pegawai.

"Terakhir kali kami menangani nelayan yang kapalnya tenggelam dan diselamatkan kapal Australia, HMAS Anzac," ungkap Darmada.

Setelah diterima informasi kejadian, Basarnas Bali melaporkan ke pusat dan segera ditindaklanjuti dengan berkomunikasi untuk meminta bantuan AMSA.

Diakhir sesi pertemuan, Gede Darmada memaparkan tentang profil singkat dan sebaran Alut serta personil yang ada di Bali.

Anthea Griffin mengapresiasi dengan kemampuan personil serta sarana dan prasarana yang dimiliki Basarnas Bali, ia juga berterimakasih atas penerimaan juga penjelasan yang diberikan.

Sebelum berakhirnya kunjungan, Kepala Basarnas Bali memberikan cinderamata dan diungkapkannya apabila ada kesempatan ia juga akan melakukan audiensi ke Kantor Konsul Australia yang ada di Bali. (*).

Baca juga: KRI Singa 651 Dikerahkan, Bantu Basarnas Dalam Pencarian 7 ABK KM Liberty 1 yang Masih Hilang

Kumpulan Artikel Bali

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved