Breaking News:

Berita Klungkung

Akan Disidang, Terdakwa Korupsi Penjualan Air Tangki PDAM Nusa Penida Dijebloskan ke Rutan Klungkung

Cabang Kejaksanaan Negeri Klungkung di Nusa Penida, menjebloskan dua terdakwa kasus dugaan korupsi penjualan air tangki di PDAM Klungkung Unit Nusa

Istimewa
Cabang Kejaksanaan Negeri Klungkung di Nusa Penida, menjebloskan dua terdakwa kasus dugaan korupsi penjualan air tangki di PDAM Klungkung Unit Nusa Penida berinisial IKN dan IKS ke Rutan Klungkung, Kamis 25 November 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Cabang Kejaksanaan Negeri Klungkung di Nusa Penida, menjebloskan dua terdakwa kasus dugaan korupsi penjualan air tangki di PDAM Klungkung Unit Nusa Penida berinisial IKN dan IKS ke Rutan Kelas II B Klungkung, Kamis 25 November 2021.

Penahanan para terdakwa dipindahkan dari Polsek Nusa Penida ke Rutan Klungkung, setelah berkas perkara keduanya dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor dan segera disidangkan.

Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Klungkung di Nusa Penida I Putu Gede Darmawan Hadi Seputra menjelaskan, 
berkas perkara dugaan korupsi penjualan air tangki PDAM Unit Nusa Penida telah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Denpasar, Senin 22 November 2021.

Baca juga: Cegah Paham Radikal dan Separatis, Kodim Klungkung Diskusi dengan Tokoh Agama hingga Adat

Sehingga kedua terdakwa sudah bisa segera disidangkan.

" Berdasarkan surat penetapan hari sidang yang dikeluarkan majelis hakim pada Pengadilan Tipikor Denpasar. Diagendakan sidang pertama akan dilaksanakan pada hari Kamis, 2 Desember mendatang," ujar I Putu Gede Darmawan Hadi Seputra, Kamis 25 November 2021.

Guna mempermudah akses ke persidangan, penahanan kedua terdakwa dipindahkan dari Polsek Nusa Penida ke Rutan Kelas II B Klungkung.

Sebelum dipindahkan, kedua terdakwa menjalani tes kesehatan dan swab antigen dan dinyatakan sehat dengan hasil swab antigen negatif.

Baca juga: DPRD Klungkung Pertanyakan Perkembangan Permohonan PEN

Pemindahan tahanan tersebut dilaksanakan pada pukul 08.00 Wita, dan disebrangkan menggunakan kapal 
Ro-Ro (roll-on/roll-off) KMP Nusa Jaya Abadi dari Pelabuhan Nusa Penida. 

" Dalam pemindahan tahanan ini, dikawal ketat tim jaksa penuntut umum dan pengawalan dari pihak kepolisian Polsek Nusa Penida," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Cabang Kejaksaan Negeri Klungkung di Nusa Penida resmi menahan tersangka  tindak pidana korupsi Penjualan Air Tangki  Perumda Tirta Mahottama Unit Nusa Penida, IKN dan IKS. 

Baca juga: Cukup Berpotensi, Lima Atlet Pickleball Asal Klungkung Bertanding Kejurnas Surabaya

Kedua tersangka ditahan setelah keluarnya hasil audit kerugian negara dari Inspektorat Klungkung, serta berkas perkaranya dinyatakan lengkap.

Dari hasil penyidikan, kedua tersangka diduga tidak menyetorkan keseluruhan uang hasil penjualan air tangki itu ke kas Perumda Tirta Mahottama dari periode Mei 2018 sampai dengan September 2019. 

Selain itu kedua tersangka juga diduga mencetak kwitansi di luar sistem yang ditentukan PDAM Klungkung.

Saat ini pihak Cabjari Nusa Penida masih menunggu hasil audit kerugian negara, dari Inspektorat Klungkung. (*)

Berita lainnya di Berita Klungkung

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved