Breaking News:

Berita Bali

Panglima TNI Minta Helikopter Medis Disiapkan dalam Perhelatan KTT G20 di Bali

"Pada saat kunjungan di BIMC Jumat 26 November 2021 kemarin, Panglima TNI memerintahkan untuk disiapkan helipad dan helikopter khusus medis dengan

Tribun Bali/Adrian Amurwonegoro
Kepala Kesehatan Kodam IX/Udayana, Kolonel Ckm dr. I Made Mardika SpPD, MARS, FINASIM berama Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, saat mendampingi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dalam kunjungan di BIMC, Nusa Dua, Bali, pada Jumat 26 November 2021. 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengupayakan gelaran Presidensi G20 berlangsung dengan pelayanan optimal sebagai tuan rumah pun dari sisi pelayanan kesehatan umum/hospitalisasi dengan menyiapkan helikopter khusus evakuasi medis udara.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kesehatan Kodam IX/Udayana, Kolonel Ckm dr. I Made Mardika SpPD, MARS, FINASIM, saat dikonfirmasi Tribun Bali berkaitan dengan kesiapan dari sisi pelayanan kesehatan kegiatan tersebut, pada Sabtu 27 November 2021.

"Pada saat kunjungan di BIMC Jumat 26 November 2021 kemarin, Panglima TNI memerintahkan untuk disiapkan helipad dan helikopter khusus medis dengan mini ICU untuk evakuasi medis udara

Hal ini juga sudah disampaikan kepada Pangkogabwilhan II Marsdya TNI Imran Baidirus, SE, dan dalam sebuah rapat," tutur Kolonel Made Mardika

Baca juga: Panglima TNI Lakukan Kunjungan Kerja, The Nusa Dua Siap Jadi Tuan Rumah Penyelenggaraan KTT G20

Kolonel Made Mardika yang juga bertindak sebagai Koordinator Umum Organisasi Satuan Petugas Kesehatan Presidensi G20 ini menjelaskan, evakuasi medis udara diperlukan untuk pasien dalam kondisi yang memerlukan penanganan emergency di rumah sakit lain serta tidak memungkinkan untuk evakuasi darat.

"Misal ada yang menderita sakit perlu penanganan lebih lanjut ke RS rujukan, seperti di Siloam Sunset Road Kuta," ujarnya.

Di samping itu, RS BIMC Nusa Dua Bali yang merupakan RS Khusus Bedah Kelas B dan terakreditasi Paripurna KARS (2019) dan akteditasi Internasional ACHSI Australia (2017) berlokasi di tengah venue menjadi rumah sakit utama penanganan peserta Presidensi G20 jika mengalami sakit selama gelaran tersebut.

"BIMC bakal menangani pasien yang bersifat emergency semisal henti jantung mendadak, atau ada yang alergi mendadak segera dibawa ke BIMC yang ada di lokasi venue," ujar Made.

"BIMC juga diinstruksikan untuk tidak dipakai untuk penanganan pasien COVID-19, kendati BIMC memiliki tempat isolasi tekanan negatif," pungkasnya. (*)

Artikel lainnya di Berita Bali

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved