Breaking News:

Berita Bangli

Desa Abang Batudinding Diterjang Banjir Bandang, Aliran Air Sempat Menggenangi Hunian 15 KK

Hujan deras yang mengguyur wilayah Bangli pada Sabtu, 27 November 2021 di Desa Abang Batudinding, Kintamani mengakibatkan musibah banjir bandang.

Istimewa
Buat tanggul - Warga Banjar Dukuh, Desa Abang Batudinding, Kintamani saat melakukan pembersihan sisa banjir bandang, Minggu, 28 November 2021. Sisa material pasir itu dikumpulkan dalam karung untuk membuat tanggul darurat. 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bangli pada Sabtu, 27 November 2021 di Desa Abang Batudinding, Kintamani mengakibatkan musibah banjir bandang.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu.

Namun, sejumlah hunian warga sekitar sempat kemasukan material air hingga setinggi mata kaki orang dewasa.

Baca juga: Daftar UMK 9 Kabupaten di Bali, Tertinggi Badung Terendah Bangli

Baca juga: RAPBD Bangli 2022 Resmi Ditetapkan Menjadi Peraturan Daerah

Baca juga: Dahan Beringin di Pura Kehen Bangli Tumbang Timpa Atap Bale Gong

Kalak BPBD Bangli I Ketut Gde Wiredana dikonfirmasi Minggu, 28 November 2021 membenarkan adanya musibah tersebut.

Akibatnya, aliran banjir bandang sempat menggenangi 15 KK dari total 221 KK hunian warga di Dusun Dukuh, Desa Abang Batudinding.

"Ketinggian air rata-rata setinggi mata kaki orang dewasa, disamping itu juga aliran banjir menerjang hektaran lahan pertanian holtikulturan milik warga," jelasnya.

Tindak lanjut musibah yang terjadi, Wiredana mengatakan sesuai kesepakatan dengan pihak desa, dan memperhatikan situasi dan kondisi dilapangan, baru hari ini pihaknya melakukan penanganan.

Adapun upaya penanganan, imbuhnya, yakni membuka jalur air yang sempat menggenangi rumah warga.

Baca juga: Dahan Beringin di Pura Kehen Bangli Tumbang Timpa Atap Bale Gong

Baca juga: HUT ke-31, JNE Peduli Bantu Korban Gempa Karangasem dan Bangli

Baca juga: Tiga Pejabat Utama Polres Bangli Dimutasi, Termasuk Wakapolsek Susut

Disamping itu juga membuat tanggul darurat dengan karung pasir disekitar rumah warga untuk dapat mengantisipasi banjir bandang susulan. 

"Selain dengan upaya gotong royong bersama warga, penanganan tadi pagi juga dengan menerjunkan alat berat berupa loader Dinas PU untuk membersihkan endapan lumpur yang menumpuk di sepanjang jalan arah Batudinding-Kintamani," bebernya.

Disamping itu, pihaknya juga mengedukasi warga bila kondisi tidak memungkinkan, untuk sementara segera menuju titik kumpul di bale banjar setempat yang aman dari ancaman banjir.

"Kita juga mensiagakan tim desa untuk mengaktifkan tanda peringatan dini berupa kentungan jika warga harus segera meninggalkan rumah masing-masing. Sementara kerugian terhadap kerusakan lahan pertanian warga tengah dihitung oleh Dinas Pertanian Bangli," tandasnya.

(*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved