Breaking News:

Sponsored Content

Bercerita lewat Video, Cara Masa Kini Bantu Desa Berkembang di Era Digital

Meski dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat yang disertai kehadiran digitalisasi, keberadaan desa tidak lekang oleh waktu

BRI
ilustrasi desa digital 

TRIBUN-BALI.COM - Dengan keberagaman serta wilayah Indonesia yang luas, selalu terdapat cerita menarik yang berasal dari desa-desa yang tersebar dari sabang sampai merauke.

Memiliki keunikan serta identitasnya masing-masing, kehidupan di desa kerap menginspirasi.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan, desa juga merupakan salah satu penggerak ekonomi bangsa.

Meski dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat yang disertai kehadiran digitalisasi, keberadaan desa tidak lekang oleh waktu.

Baca juga: Cerita Para Penenun Tradisional di Desa Gelgel, Mencoba Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

Di sisi lain, desa-desa di Indonesia memiliki semangat untuk melakukan adaptasi dengan berinovasi, berkarya, serta memanfaatkan potensi-potensi yang dimiliki melalui kegiatan wirausaha. Hal ini terus dilakukan meski di tengah badai pandemi.

Menurut Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar saat menjadi pembicara pada Jateng Digital Conference 2021, Rabu (29/9/2021), 1.852 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) telah melakukan adaptasi digital dengan merambah ke platform-platform e-commerce.

Ribuan BUMDes lainnya juga aktif memasarkan produk unggulan mereka melalui media sosial.

Adaptasi BUMDes ini dilakukan menyusul menurunnya aktivitas pasar konvensional selama pandemi Covid-19. Karena itu, di tengah tantangan yang ada, peningkatan jumlah BUMDes yang go digital telah menjadi penanda kemajuan digitalisasi di desa-desa.

Menurut Mendes Halim Iskandar, partisipasi generasi muda adalah salah satu faktor yang membuat proses pembangunan di desa makin melek digital.

Ia pun mengatakan bahwa adaptasi digital ini telah sukses mengubah anggapan kontradiksi antara desa dan digitalisasi, di mana sebaliknya, desa dan digital dapat berjalan berdampingan.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved