Breaking News:

Sponsored Content

AQUA Mambal Memperingati Hari Menanam Pohon Nasional dengan Menanam 7.000 Pohon di Bongkasa Pertiwi

Pabrik Mambal (AQUA Mambal) bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Bongkasa Pertiwi, BUMDes Mandala Sari melaksanakan kegiatan penanaman

Istimewa
AQUA Mambal Memperingati Hari Menanam Pohon Nasional dengan Menanam 7.000 Pohon di Bongkasa Pertiwi 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Dalam rangka menyambut hari Menanam Pohon Nasional, PT Tirta Investama – Pabrik Mambal (AQUA Mambal) bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Bongkasa Pertiwi, BUMDes Mandala Sari melaksanakan kegiatan penanaman 22 jenis pohon konservasi, tanaman upacara dan tanaman obat dengan total 7.000 pohon.

Disela kegiatan penanaman pohon, diserahkan sembako dari Fiinannce Manager Ibnu Juartono kepada 100 orang lansia yang dikemas dari beras sehat ramah lingkungan program dampingan pertanian di Desa Mambal, Badung, Bali.

Kegiatan ini melibatkan semua elemen masyarakat dari adat, kelompok pemuda, kelompok kehati pertiwi lestari, juga budidaya madu kela-kela sarining trigona pertiwi termasuk kelompok rentan.

Kegiatan hari menanam pohon difokuskan di Dea Bongkasa Pertiwi, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, dihadiri oleh Instansi Pemerintah dari tingkat Provinsi sampai dengan tingkat Desa, Pemuka Adat, Perwakilan Pengusaha dan Akademisi.

Baca juga: Sekda Adi Arnawa Terima Audiensi PT Tirta Investama (Pabrik Aqua Mambal) Bahas CSR

Di lokasi kegiatan disediakan madu kela-kela Bali hasil dampingan program desa mandiri di Bongkasa Pertiwi.

Hasil madu yang dikembangkan oleh kelompok budidaya madu kela-kela dan sarining trionona pertiwi di Desa Bongkasa Pertiwi ini memiliki 22 orang anggota.

Saat ini sejumlah 400 koloni sudah dibudidayakan dan menghasilkan 10-12 liter per bulan.

Kela-kela menghasilkan madu dari 82 jenis tanaman yang ada di Taman Kehati.

Tanaman yang ditumbuhkan dijaga jumlah dan ragamnya untuk menjaga indeks keragaman hayati.

Tercatat ada beberapa spesies langka seperti Cempaka Kuning, Badung, Sentul dan Ceroring.

Stakeholder Relation Manager AQUA Mambal, Nyoman Arsana menyampaikan bahwa, “Kesehatan atau kelestarian planet memiliki keterkaitan erat dengan kesehatan masyarakat yang ada di dalamnya. Kami mendampingi program yang ada di Bongkasa Pertiwi sejak tahun 2018 untuk bisa memberikan manfaat berimbang antara menjaga alam tetap lestari di daerah tangkapan air, seiring dengan manfaat ekonomi kepada masyarakatnya,”

“Kami bergerak bersama Pemerintahan Desa Bongkasa Pertiwi dan BUMDes Mandala Sari dengan melibatkan kelompok-kelompok masyarakat yang ada. Aksi kolaboratif ini yang diharapkan meningkatkan kesadaran bersama pentingnya tanggung jawab menjaga bumi,” tegasnya.

Perbekel Bongkasa Pertiwi, I Made Suarjana, menyatakan apresiasi atas kolaborasi yang sudah tebentuk.

“Masyarakat secara bertahap mulai berkontribusi pada aktivitas pelestarian alam dan kedepannya diharapkan menunjangan kunjungan wisatawan di sini, sehingga membawa dampak ekonomi bagi masyarakat, ”kata Suarjana.(*).

Baca juga: AQUA Mambal Peringati Hari Bumi dengan Budidaya Madu dan Jalak Bali

Kumpulan Artikel Bali

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved