Breaking News:

Berita Bali

Indonesia Peringkat Kedua Penyakit TBC Terbanyak, Pemprov Bali Tingkatkan Pelayanan Bagi Penderita

Dari data Perhimpunan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) saat ini Indonesia menduduki peringkat kedua setelah India penderita TBC terbanyak

Tribun Bali/I Komang Agus Aryanta
Rapat Konferensi Wilayah X PPTI Bali yang dipimpin Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali di gedung DPRD Badung, Kabupaten Badung, Bali, Jumat 3 Desember 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Selain virus Covid-19, penyakit di Provinsi Bali yang juga harus diwaspadai yakni Penyakit Tuberkulosis (TBC).

Pasalnya, dari data Perhimpunan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) saat ini Indonesia menduduki peringkat kedua setelah India penderita TBC terbanyak.

Hal itu terungkap saat Konferensi Wilayah X PPTI Bali di gedung DPRD Badung, Kabupaten Badung, Bali, Jumat 3 Desember 2021.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr. Ketut Suarjaya memimpin Konferensi Wilayah X PPTI Bali.

Dihadiri kepala Dinas Kesehatan Badung dr. Nyoman Gunarta dan didampingi Anggota DPRD Badung Ni Luh Putu Gede Rara Sukma Dewi.

Baca juga: Kemenkes Targetkan Penurunan Kasus Baru TBC

Pada kesempatan itu, dr. Ketut Suarjaya mengatakan, selama ini PPTI sudah berperan sangat aktif dalam pencegahan TBC dan pelayanan pengobatan serta melakukan pengawasan minum obat bagi pasien TBC.

Walaupun sebagai relawan, PPTI memiliki komitmen dalam penanggulangan TBC di Bali.

Kendati demikian, pihaknya mengaku saat ini kasus TBC bisa disebut menurun.

Angka penemuan kasus di Bali belum mencapai 44 persen, sampai awal Desember 2021 ini mencapai 34 persen kasus.

"Sebenarnya angka kesembuhan penderita TBC di Bali sangat bagus, bahkan sudah mencapai 90 persen. Artinya 90 persen orang yang terdeteksi TBC berhasil sembuh," ucapnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved