Breaking News:

Tingkatkan SDM Pemandu Lokal di Desa Cau Belayu, Poltekpar Bali Gelar Pelatihan Pemanduan Wisata

Sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia, Politeknik Pariwisata Bali (Poltekpar Bali) selalu menerapkan unsur - unsur dari Tri Dharma Pergurua

Editor: M. Firdian Sani
Istimewa
Tingkatkan SDM Pemandu Lokal di Desa Cau Belayu, Poltekpar Bali Gelar Pelatihan Pemanduan Wisata 

TRIBUN-BALI.COM - Sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia, Politeknik Pariwisata Bali (Poltekpar Bali) selalu menerapkan unsur - unsur dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat.

Pada Jumat, 10 Desember 2021 Poltekpar Bali melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Cau Belayu dengan tema “Pelatihan Pemanduan Wisata Bagi Pemandu Lokal Di Desa Cau Belayu Kabupaten Tabanan”.

Kegiatan yang berlangsung dua hari ini diikuti oleh 30 peserta.

Adapun dipilihnya Desa Cau Belayu sebagai tempat pelaksanaan sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat dikarenakan potensi yang dimiliki desa ini.

Sebagai salah satu desa wisata yang berlokasi di Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan Bali, Desa Cau Belayu memiliki potensi wisata alam yang melimpah yaitu adanya landscape alam yang masih asri dan hijau, lahan persawahan, daya tarik wisata alam yaitu Air Terjun Pengempu, daya tarik wisata budaya yaitu cagar budaya yaitu Pura Luhur Pucak Geni.

Tingkatkan Kompetensi SDM, Ratusan SMK Negeri di Jabar Gunakan Kurikulum Berbasis Ekonomi Digital

Menurut Ketua Pelaksana, Ni Made Tirtawati, S.Si., M.Par., tujuan dilaksanakannya PKM ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bagi masyarakat setempat dalam bidang pemaduan wisata.

Adapun materi yang diberikan dalam pelatihan ini adalah Teknik Memandu Wisatawan di Desa Wisata Narasumber , Story Telling dalam Pemanduan Wisata dan Pelayanan Prima dalam Pemanduan Wisata.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah I Dewa Gede Wisnu Arimbawa, Drs. Dewa Gede Ngurah Byomantara, M.Ed. I Gusti Ayu Wita Indrayani , S.ST.Par., MM., CHE, Drs. I Gusti Ngurah Agung Suprastayasa., M.Ed dan Ni Ketut Wiwiek Agustina, SE., M.Par., CHE. 

Kepada Desa Cau Belayu Bapak I Putu Eka Jayantara dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Poltekpar Bali yang telah memberikan pelatihan bagi masyarakat Desa Cau Belayu.

Beliau berharap peserta pelatihan dapat menyerap segala pengetahuan yang diberikan sehingga nantinya Desa Cau Belayu akan memiliki pemandu wisata yang profesional.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved