Breaking News:

Berita Politik

Belum Mau Lakukan Konvensi Capres, NasDem Sebut Masih Fokus Cari Koalisi untuk Pilpres 2024

Rencana ini sendiri sebenarnya muncul sejak Kongres II NasDem pada 2019 lalu yang dicetuskan langsung oleh Ketua Umum DPP NasDem, Surya Paloh

Penulis: Ragil Armando | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/Ragil Armando
Anggota Majelis Tinggi DPP NasDem, Lestari Moerdijat disela-sela pembukaan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) DPW NasDem Bali, di Kartika Plaza Hotel, Kuta, Senin 13 Desember 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA – Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 masih jauh di depan mata, tetapi berbagai persiapan sudah mulai dilakukan oleh partai politik, salah satunya adalah NasDem.

Bahkan, NasDem saat ini sedang mengkaji untuk melakukan konvensi calon presiden (Capres) di Pilpres 2024 mendatang.

Rencana ini sendiri sebenarnya muncul sejak Kongres II NasDem pada 2019 lalu yang dicetuskan langsung oleh Ketua Umum DPP NasDem, Surya Paloh.

“Begini, berulang kali disampaikan oleh ketua umum, bahwa Partai NasDem memiliki prosedur dan mekanisme. Saat ini salah satu mekanisme yang sedang dikaji, kami meminta secara khusus serangkaian kajian bahkan melibatkan badan independen, model apa yang bagus, termasuk saat ini sedang mengkaji menyelenggarakan konvensi, tetapi kepada siapakah nanti saya kira ini masih terlalu jauh,” ujar Anggota Majelis Tinggi DPP NasDem, Lestari Moerdijat disela-sela pembukaan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) DPW NasDem Bali, di Kartika Plaza Hotel, Kuta, Senin 13 Desember 2021.

Baca juga: Lantik Pengurus DPC, Nasdem Bangli Target Lima Kursi di Pileg 2024

Pun begitu, tampaknya konvensi tersebut masih jauh panggang dari api.

Hal ini karena, lanjut politikus yang akrab disapa Rerie itu, partainya masih terganjal syarat 20 persen kursi untuk mengusung sendiri calon presiden.

“Karena salah satu syarat melakukan konvensi adalah terpenuhinya kursi 20 persen, buat apa kita bikin konvensi kalau kemudian calon presiden pilihan kita tidak bisa maju, inilah yang sekarang sedang dikaji dan dikaji oleh akademisi, dalam waktu tidak lama, paling tidak tahun depan,” lanjutnya.

Sehingga, pihaknya masih berfokus untuk mencari rekan koalisi untuk bersama-sama berjuang di Pilpres 2024.

Sehingga, jika NasDem telah mendapat rekan koalisi, pihaknya memastikan bahwa partainya akan segera melakukan konvensi tersebut.

“Yang jelas kursi Partai NasDem sendiri belum cukup untuk mengangkat calon presiden, sehingga diperlukan koalisi, dan proses konvensi tidak lepas dari itu,” ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved