Breaking News:

Berita Badung

Longsor di Pura Melanting Desa Kekeran Badung Disebut Akan Dapat Bantuan, BPBD Perlu Lakukan Kajian

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung pun telah menerjunkan tim guna melakukan pemantauan ke lokasi.

Tribun Bali/I Komang Agus Aryanta
BPBD Badung saat melakukan pendataan pada tanah longsor di areal Pura Melanting Desa Kekeran, Mengwi, Kamis 16 Desember 2021 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Bencana Longsor yang terjadi di Pura Melanting Desa Kekeran, Mengwi pada  Rabu 15 Desember 2021, ternyata menyebabkan  tembok penyengker ambruk.

Selain tembok sepanjang kurang lebih 50 meter tergerus, Bale Gong dan Bangunan Pelinggih Sampyagan juga terancam tergerus, mengingat tanah longsor berada di sebelah bangunan.

Atas terjadinya bencana itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung pun telah menerjunkan tim guna melakukan pemantauan ke lokasi.

Bahkan dampak dari longsor tersebut dipastikan  mendapatkan bantuan penanggulangan setelah dilakukan kajian.

Baca juga: Jelang Nataru, Kedatangan melalui Terminal Mengwi Badung Tak ada Peningkatan Signifikan

Plt. Kepala Pelaksana BPBD Badung Wayan Wirya mengatakan untuk kejadian yang sudah termasuk dalam katagori bencana sudah dipastikan akan dapat diberikan bantuan.

Hanya saja perlu dilakukan pengkajian lebih lanjut terkait dampak dari bencana tersebut.

"Untuk yang sudah masuk dalam katagori bencana bisa mendapatkan bantuan namun harus ada kajian lebih lanjut. Karena untuk bantuan langsung belum bisa dilakukan agar tidak menjadi temuan," ujar Wirya saat dikonfirmasi Kamis 16 Desember 2021.

Menurutnya, bantuan yang diberikan akan masuk dalam penanganan Bidang Rehabilitasi dan Rekonsiliasi BPBD Badung.

Biasanya untuk kerusakan akan dikoordinasikan dengan Dinas terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) setelah itu juga mendapat persetujuan pimpinan dalam hal ini bupati Badung.

"Biasanya PUPR melalui tim teknisnya akan melakukan kajian terkait dampak dari bencana berapa panjang dan ketinggiannya, kemudian akan dihitung berapa biaya yang diperlukan untuk perbaikan tersebut dan yang lainnya," ungkap.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved