Berita Bali

BRI Dorong Produk UMKM Naik Kelas, Pembinaan Klaster Usaha Keripik Sulatri di Bali

Bank Rakyat Indonesia (BRI) memberdayakan pelaku UMKM di berbagai wilayah

ist
Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Bali adakan pembinaan pada UMKM yang berskala mikro, kecil dan kluster di Kota Denpasar, Kabupaten Gianyar, Klungkung dan Badung - BRI Dorong Produk UMKM Naik Kelas, Pembinaan Klaster Usaha Keripik Sulatri 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Bank Rakyat Indonesia ( BRI) memberdayakan pelaku UMKM di berbagai wilayah. Mereka mendapatkan pembinaan agar produk olahannya terus berkembang di pasaran.

Kepala Unit BRI Unit Penatih, I Ketut Winaja bersama tim mendatangi UMKM yang berlokasi di Jalan Sulatri, Kesiman, Denpasar Timur.

Kata dia, BRI juga mensupport usaha-usaha tambahan lainnya dan bahan-bahan pembuatan keripik seperti distributor kepala ayam.

"Kendala pertama memang mempersatukan beberapa usaha kecil yang memiliki satu misi sehingga bisa kami kembangkan dengan tujuan yang sama. Semua kami rangkul hingga menjadi klaster usaha Keripik Sulatri," ungkapnya, Jumat 17 Desember 2021.

Baca juga: Pemkab Badung Pastikan 4.160 UMKM di Badung Akan Terima Stimulus Tahap Dua Senilai Rp2 Juta

Mantri BRI Unit Penatih, Ida Ayu Rista Dewi berharap UMKM Keripik Sulatri dapat mengembangkan usahanya termasuk pada penjualannya.

Selain itu bisa meningkatkan produk hingga naik kelas.

"Semoga usaha ini dapat memotivasi yang lain seperti tetangga sekitar mungkin yang ingin membuka usaha bisa, kami kasih pelatihan untuk membuka usaha bersama juga," kata Dayu Rista.

Di sisi lain, Dayu Rista menjelaskan sejumlah syarat terkiat peminjaman dana melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Di antaranya, harus memiliki usaha minimal sudah berjalan enam bulan, saat pengajuan UMKM agar melengkapi dokumen seperti Kartu Keluarga (KK) dan dokumen pendukung lainnya.

Batas pinjaman KUR BRI maksimal Rp 50 juta.

Pemilik usaha Kripik Biru, Ni Luh Sri Wahyuningsih mengatakan, melalui KUR, ia mengaku bisa lebih mengembangkan usahanya baik dari modal, peralatan hingga persediaan bahan bakunya.

Serupa dengan Sri, pemilik UMKM, Industri Onde-onde yang berada di Jalan Ahmad Yani, Denpasar, Bali yakni Muhamad Nassir mengatakan sangat bersyukur karena usahanya terbantu berkat KUR dari BRI.

"Dari pinjaman ini usaha saya semakin berkembang," jelasnya. (*).

Baca juga: Melalui KUR BRI Dukung Perkembangan UMKM, Sri : Usaha Saya Sangat Terbantu Dengan KUR

Kumpulan Artikel Bali

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved